ADRE ARIDO GIOVANI TERUS PERBAIKI DIRI DEMI DEBUT DI LIGA 1
ADRE ARIDO GIOVANI TERUS PERBAIKI DIRI DEMI DEBUT DI LIGA 1

Kiper muda Persija, Adre Arido Giovani (19), masih memiliki semangat yang membara meski di musim keduanya di Liga 1 belum mendapatkan menit main.


Ia bahkan sempat turun gunung ke Elite Pro Academy (EPA) U-20 Liga 1 2023/2024 untuk membela Macan Muda. Menurut Adre, bermain di EPA justru menjadi kesempatan dirinya untuk menambah banyak pengalaman.


“Saya tidak keberatan bermain di EPA, karena itu untuk menambah jam terbang saya juga sebagai penjaga gawang. Karena jika suatu saat saya mendapat kesempatan untuk debut di Liga 1, jam terbang itulah yang akan membuat saya lebih tenang dan percaya diri,” tutur Adre.


Ia bercerita kerap mendapatkan suntikan motivasi oleh kapten sekaligus kiper utama Persija, Andritany Ardhiyasa.


“Kapten selalu bilang untuk latihan keras setiap harinya. Karena suatu saat ilmu yang saya latih nantinya akan terpakai,” katanya lagi.


Selain itu, Adre pun bercerita soal program Garuda Select yang pernah ia jalani, yaitu angkatan ketiga pada 2020-2021. Kala itu ia sempat bertanding melawan klub-klub asal Inggris, seperti melawan Leeds United U-18, QPR U-18, Watford U-18, Crystal Palace U-18, dan Manchester City U-18.


Menariknya saat melawan Manchester City U-18 (11/5/2021), Adre bertemu dengan bintang muda Manchester City saat ini, Rico Lewis. Pada laga yang berakhir untuk kemenangan Manchester Biru dengan skor 4-0 itu, Lewis berhasil mencetak gol pertama lewat titik penalti.


Adre mengatakan bahwa bermain melawan Lewis menjadi salah satu pengalaman berharganya selama mengikuti program Garuda Select di Inggris.


“Kalau yang mengesankan selama ikut Garuda Select, mungkin salah satunya melawan Lewis (Rico), dia memang sudah terlihat punya talenta besar saat itu. Ada perasaan takjub juga ketika dia sekarang ada di tim utama Manchester City,” ujar Adre.