ALASAN DIBALIK TIGA PEMAIN ASING DIGANTIKAN DIBABAK KEDUA
ALASAN DIBALIK TIGA PEMAIN ASING DIGANTIKAN DIBABAK KEDUA

Persija Jakarta tidak berhasil mencuri poin tandang saat bertamu melawan Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang pada Kamis (16/2/2023) sore. Persija yang sempat unggul 1-0 pada babak pertama harus mengakui keunggulan tuan rumah di akhir laga dengan skor 1-2.


Persija yang tampil mendominasi di babak pertama secara mengejutkan mengganti semua pemain asingnya yang tampil baik di paruh kedua. Ondrej Kudela digantikan Dandy Maulana, Michael Krmencik diganti Aji Kusuma, dan Hanno Behrens digantikan Witan Sulaeman.


Pergantian tersebut mengubah jalannya pertandingan. Awalnya Persija yang tampil meyakinkan berubah menjadi kesulitan menguasai bola. Alhasil tim tuan rumah mampu membalikkan keadaan. 


Pelatih Persija, Thomas Doll menjelaskan mengapa ketiga pemain tersebut digantikan di babak kedua.


“Ketiga pemain itu mengalami masalah otot. Hal itu yang membuat saya melakukan pergantian pemain di babak kedua. Hanno sempat kena tendangan di bagian kakinya, Kudela pun mengalami masalah di otot kakinya, begitu juga dengan Michael yang merasakan sesuatu di ototnya. Maka dari itu saya menarik mereka keluar,” ujar Thomas.


Sementara itu, Thomas menyangkal soal tereduksinya kekuatan Persija karena tujuh pemain bergabung dengan Timnas U-20. Padahal, beberapa nama dari daftar itu kerap jadi pembeda, seperti Alfriyanto Nico Saputro dan Dony Tri Pamungkas.


“Ini bukan karena kami kehilangan pemain yang pergi ke Timnas U-20. Kondisi itu bukanlah sebuah alasan karena semua pemain di bangku cadangan kami semuanya bagus,” kata Thomas lagi.