ALBERTO LUNGHERINI: FOKUS MENJAGA KEBUGARAN 90 MENIT
ALBERTO LUNGHERINI: FOKUS MENJAGA KEBUGARAN 90 MENIT

Jeda sepuluh hari menjelang laga vs Persita (2/1/2022) dimanfaatkan Persija untuk memperbaiki segala aspek. Terutama terkait fisik para pemain. 


Menurut pelatih fisik Macan Kemayoran, Alberto Lungherini, sejatinya kualitas fisik para pemain sudah cukup baik. Salah satu indikatornya adalah dua gol yang lahir di akhir pertandingan vs Persipura (11/1/2022) dan Persela (15/1/2022).


“Kondisi fisik pemain kami bagus. Menurut saya sebelumnya kami hanya kuat bermain 60 menit saja.  Kemudian tahap demi tahap kami tingkatkan untuk mencapai level 90 menit,” kata Alberto.


“Sekarang sudah terlihat hasilnya, terutama dari aspek menyerang. Kami bisa mencetak gol saat pertandingan memasuki fase akhir, yaitu gol Makan Konate (90’) dan Marco Motta (81’). Hal itu artinya kebugaran pemain masih terjaga hingga laga berakhir. Tapi, tentu bila hasil pertandingan belum memihak berarti kami harus terus memperbaikinya lagi,” tuturnya melanjutkan.


Pelatih asal Italia itu mengatakan saat ini yang paling utama adalah menjaga kebugaran para pemainnya. Salah satu caranya adalah memberikan materi di gym pada Selasa (18/1/2022).


“Sangat penting bagi kami untuk memberikan program kepada pemain untuk menjaga konsistensi kebugaran itu. Kami perlu menjaga stamina pemain, kekuatan, dan daya tahan dalam bermain,” ucap Alberto lagi.


Tapi, agenda itu diberikan untuk sebagian pemain yang masih minim menit main di awal putaran kedua ini. Sementara nama-nama yang bermain reguler masih diberikan jatah libur hingga pada Rabu (19/1/2022) mulai berlatih normal.