ALFRIYANTO NICO BICARA EFEK POSITIF TURNAMEN TOULON
ALFRIYANTO NICO BICARA EFEK POSITIF TURNAMEN TOULON

Empat pemain tim utama Persija yang tampil bersama timnas U-19 di Toulon Cup 2022 telah kembali ke Jakarta, yaitu Cahya Supriadi, Muhammad Ferarri, Raka Cahyana, dan Alfriyanto Nico Saputro. 


Keempatnya telah menyambangi sesi latihan Persija di Nirwana Park, Bohongsari, pada Rabu (15/6/2022) pagi. Namun, Cahya, Ferarri, Raka, dan Nico belum ikut berlatih karena masih diberikan jatah libur oleh pelatih Thomas Doll.


Usai tampil di salah satu turnamen usia muda terbesar di dunia itu, Nico merasa mendapatkan banyak manfaat dan perubahan yang positif untuk dirinya.


“Alhamdulillah Saya dapat pelajaran banyak di sana, dari segi teknik, membaca permainan, mental lebih kuat, dan yang pasti perubahan fisik juga ada,” ucap Nico.


Sayangnya, perjalanan Nico dkk. bersama timnas tak bisa berlanjut ke babak selanjutnya karena finis di posisi ke-10. Total, Garuda Muda mengalami tiga kali kekalahan, yaitu dari Venezuela, Meksiko, dan Aljazair serta menang satu kali atas Ghana.


Venezuela menjadi lawan yang dirasa Nico paling berat. ”Venezuela tim yang paling sulit, postur mereka bagus, lebih solid dari Indonesia, dan striker yang bernomor punggung sembilan buat kami kerepotan. Tapi alhamdulillah sebetulnya kami masih bisa mengimbangi. Kedepannya akan bermain lebih baik lagi jika Saya dikasih kesempatan bermain,” tuturnya.


Nico cs. direncanakan akan kembali mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas U-19 di Jakarta mulai 20 Juni 2022. Mereka tengah dipersiapkan untuk tampil di Piala AFF U-19 2022 yang akan diadakan di Jakarta dan Bekasi pada 2-15 Juli 2022.


”Ambisi saya pasti ingin bermain terus. Tapi semua tergantung pelatih. Coach Shin tae-yong memberi pesan kepada Saya untuk fokus serta menjaga fisik, mental, pola makan, dan pola istirahat,” ucapnya.


Timnas U-19 tergabung dengan Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Filipina, dan Myanmar di Grup A Piala AFF U-19 2022.