ANDRITANY ARDHIYASA BERBAGI PENGALAMAN DALAM EPA FUTURE STARS CAMP 2023
ANDRITANY ARDHIYASA BERBAGI PENGALAMAN DALAM EPA FUTURE STARS CAMP 2023

Kiper sekaligus kapten Persija, Andritany Ardhiyasa, berkesempatan berbagi pengalaman karier sepak bolanya kepada para peserta Elite Pro Academy (EPA) Future Stars Camp 2023 di Nirwana Park, Bojongsari dan Fame Hotel, Gading Serpong, pada 15-19 November 2023.


EPA Future Stars Camp 2023 diikuti oleh 108 pemain-pemain pilihan dari putaran pertama EPA U-16 dan U-18 2023. Dalam program ini, Persija total mengirimkan 10 pemain.


Mereka adalah Irham Nadzhofa Al Farih, Raditya Yugie Rahardjo, Fandi Ahmad Muzaki, Kanaka Attha Riady, dan Irpan Abadi Siregar dari U-16. Sementara delegasi dari U-18 adalah M Hafizh Rizkianur, Refan Nadief Atallah, Aditya Warman, Afnan Irsandi Hafidz, dan Arlyansyah Abdulmanan.


Andri menekankan kepada para juniornya dari seluruh klub Liga 1 itu agar fokus membuat pondasi dalam membangun mimpi menjadi pemain profesional. Selain teknik individu dan pemahanan taktik dan strategi, ada beberapa aspek lain yang harus dimiliki seorang pesepak bola.


“Jadi pemain sepak bola itu harus memiliki mental yang tangguh. Kalian jangan mau kalah dengan siapa pun, termasuk dengan teman satu tim dan lawan. Kalian harus terus memiliki tekad untuk jadi yang terbaik. Tentunya harus dilakukan dengan cara yang positif. Yang sudah main reguler harus berusaha tetap menjadi andalan. Yang belum sampai di posisi tersebut harus berambisi untuk jadi yang utama,” kata Andri.




Selain itu, kebugaran fisik pun harus menjadi prioritas untuk para pemain. Salah satu cara untuk menjaga hal tersebut adalah memahani nutrisi dalam makanan.


“Tubuh pesepak bola itu ibarat mobil balap yang harus diisi oleh bahan bakar pilihan. Percuma kalau mobil balap tapi hanya diisi oleh bahan bakar biasa. Berat tidak makan ideal sesuai takaran nutrisi? Tidak. Semua itu harus dibiasakan sejak usia muda,” tutur kiper berusia 31 tahun itu.


Selain fisik, teknik, taktik, dan mental, ada aspek pendukung yang tak kalah penting. Salah satunya pemahaman soal statistik atau video analysis. 


“Saat ini statistik sangat penting. Kalian bisa mengetahui keunggulan dan kelemahan diri sendiri serta lawan dari data itu. Di masa sepak bola modern seperti ini banyak hal yang harus dikuasai,” ucap Andri.


Selain Andri, nutritionist Persija, Emilia Achmadi, MS RDN, pun ikut berbagi ilmu dalam EPA Future Stars Camp 2023.


“Jenis makan yang sesuai takaran nutrisi yang benar tidak melulu dengan western food. Justru makanan Indonesia lebih banyak variasinya. Jadi harus dibiasakan sejak dini,” ujar Emil.