BUKAN MELULU TAKTIK, TAPI SOAL MOTIVASI MEMENANGKAN LAGA
BUKAN MELULU TAKTIK, TAPI SOAL MOTIVASI MEMENANGKAN LAGA

Kekalahan dari Borneo FC di Stadion Batakan, Balikpapan, Selasa (6/2/2024) masih membekas. Bukan tanpa sebab, kalah dengan skor 1-3 membuat Persija tertahan di peringkat sembilan klasemen Liga 1 2023/2024 dengan 32 poin.


Di laga itu sebenarnya Persija banyak membuat peluang untuk mencetak gol. Namun para pemain gagal memanfaatkan kesempatan yang ada. Hal itu dibenarkan oleh bek Macan Kemayoran, Ondrej Kudela.


“Kami punya beberapa kesempatan untuk memperkecil ketinggalan menjadi 1-2, tapi banyak hal yang membuat kami sulit mencetak gol. Setelah skor menjadi 0-3, kami jadi hilang momentum,” ujar Kudela.


Di sisi lain, pelatih Persija Thomas Doll menilai kekalahan Macan Kemayoran di Balikpapan bukan karena kesalahan taktik, melainkan kurangnya kemauan untuk menang.


“Kekalahan kami bukan karena kesalahan taktik, ini murni karena para pemain tidak memperlihatkan rasa ingin menang di lapangan,” tutur Thomas.


Pelatih berkebangsaan Jerman itu menambahkan pemain asuhannya telat bangkit sehingga gagal menyamakan kedudukan di waktu yang tepat.


“Setelah tertinggal 0-3, pemain saya baru bisa memenangkan duel bola dan terlihat bermain dengan hati. Setelahnya kami bisa mencetak gol, tapi tim kami telat bangkit karena waktu main sudah hampir habis,” kata Thomas lagi.