CARLOS PENA: DATANG KE PERSIJA UNTUK MEMBAWA MENTALITAS PEMENANG
CARLOS PENA: DATANG KE PERSIJA UNTUK MEMBAWA MENTALITAS PEMENANG

Era Carlos Pena di Persija telah dimulai. Pelatih muda berusia 40 tahun asal Spanyol itu bertekad mengukir pencapaian gemilang di Liga 1.


Namun, ia paham bahwa tekadnya itu tak mudah untuk diwujudkan. Dirinya bahkan memaklumi jika banyak orang yang meragukan kapasitas dirinya dalam menangani tim besar sekelas Macan Kemayoran. Pengalaman menjadi pelatih kepala yang masih berumur dua tahun menjadi penyebabnya.


“Saya tahu saya pelatih muda dan saat ditanya apakah itu benar atau salah, saya punya 15 tahun pengalaman sebagai pemain di level tertinggi Spanyol,” ujar Carlos Pena dalam konferensi pers perkenalan dirinya.


“Saya pernah bermain di India dan menjadi pelatih. Saya pernah melatih di India, di Thailand, dan sekarang saatnnya saya melatih di Indonesia. Jadi saya pikir walaupun muda, saya memiliki pengalaman dan keunggulan yang akan menjawab apakah memiliki pelatih berpengalaman itu bagus atau tidak,” ucapnya melanjutkan.


Mantan pelatih FC Goa (India) dan Ratchaburi FC (Thailand) itu menegaskan akan membawa Persija menjadi tim dengan mentalitas pemenang.


“Saya datang ke sini untuk memberikan energi saya. Saya orang yang sangat ambisius, saya datang ke sini untuk membawa mentalitas pemenang ke dalam tim. Saya pikir itu adalah perisai yang kami pakai, yaitu memiliki mentalitas pemenang. Hal ini penting untuk tim. Para pemain merasakannya dan saya di sini untuk menciptakan mentalitas ini di dalam ruang ganti,” katanya.


Terkait filosofi permainan, Carlos Pena mengaku tak fanatik ke salah satu skema permainan.


“Tentang filosofi, saya mencoba untuk mendapatkan yang terbaik dari pemain saya. Sebab, saya tidak identik dengan formasi ataupun gaya bermain tertentu,” tutur eks pemain Getafe, Real Oviedo, dan Real Valladolid itu.


Ayo kerja keras, Coach!