DIRUT PERSIJA BICARA KOMPOSISI PEMAIN UNTUK LIGA 1 2024/2025
DIRUT PERSIJA BICARA KOMPOSISI PEMAIN UNTUK LIGA 1 2024/2025

Tim pelatih di bawah komando Carlos Pena telah terbentuk. Lantas, bagaimana soal komposisi pemain Persija untuk Liga 1 2024/2025?


Direktur Utama Persija, Ambono Janurianto, menjelaskan gambaran skuad Macan Kemayoran untuk berjuang di musim depan. Menurutnya, Persija tak akan mengalami banyak perubahan.


Dalam komposisi pilar asing, tim besutan Carlos Pena itu akan memaksimalkan jasa dari enam pemain. Lima di antaranya adalah Marko Simic, Gustavo Almeida, Ryo Matsumura, Maciej Gajos, dan Ondrej Kudela. Tersisa satu slot lagi untuk dipilih oleh pelatih.


"Untuk pemain asing, nanti kami bicarakan. Sekarang, delapan pemain asing, tapi hanya enam yang boleh di lapangan. Jadi, kami mungkin hanya akan mempunyai enam pemain asing. Kami tidak mencari tiga pemain, yang kami cari satu. Saya sudah menyampaikan dan menegaskan ke coach Carlos Pena," tutur Ambono.


"Kami akan memberikan kebebasan kepada tim pelatih yang baru ini, yang akan memilih siapa pemain asing yang bakal masuk ke Persija. Untuk pemain lokal, kemungkinan bertambahnya tidak terlalu banyak. Tapi, apakah kami akan bermain dengan pemain lokal yang sama, nanti bakal ditentukan pelatih,” katanya melanjutkan.




Sementara itu, saat ini Persija menghadirkan 23 pemain dalam sesi awal latihan. Ada Andritany Ardhiyasa, Cahya Supriadi, Adre Arido Geovani, Ondrej Kudela, Marko Simic, Maciej Gajos, Rayhan Hannan, Firza Andika, Ilham Rio Fahmi, Riko Simanjuntak, Aji Kusuma, Akbar Arjunsyah, dan Sandi Arta Samosir yang telah hadir dari musim lalu. 


Deretan nama itu ditambah dengan beberapa nama yang sudah kembali dari masa peminjaman, seperti Frengky Deaner Missa, Alfriyanto Nico Saputro, Amar Fadzillah, Raka Cahyana Rizky, Dia Syayid, Fava Sheva Rustanto, dan Resa Aditya, serta pemain akademi, yakni Refan Nadief, Fajar Firdaus, dan Alwi Fadilah. 


Di sisi lain, ada sejumlah nama yang masih belum bisa bergabung dengan tim. Mereka adalah Gustavo Almeida yang menunggu kelahiran anak pertamanya, Ryo Matsumura masih ada keperluan keluarga, Rizky Ridho dan Muhammad Ferarri izin pascamembela Timnas di Kualifikasi Piala Dunia, Resky Fandi izin pascanikah, Hansamu Yama pemulihan cedera, Witan Sulaeman belum kembali dari ibadah haji, dan Dony Tri Pamungkas yang masih berada di Timnas U-20.