IKHWAN CIPTADY MUHAMMAD JADI REKRUTAN KELIMA
IKHWAN CIPTADY MUHAMMAD JADI REKRUTAN KELIMA

Tepat pada hari perdana tahun baru 2022, Sabtu (1/1/2022), Persija resmi memperkenalkan rekrutan teranyarnya. Adalah Ikhwan Ciptady Muhammad sosok yang dimaksud.


Bek asal Jakarta berusia 27 tahun itu resmi didatangkan setelah kontraknya tuntas di Sriwijaya FC. Dalam bab baru di kariernya saat ini, Ikhwan menekankan bahwa ia akan menunjukkan totalitasnya bersama Persija.


Sebab, baginya Persija adalah pengabdian dirinya selaku putra daerah. “Siapa yang tidak mau membela tim kota sendiri?” katanya. 


Di hari perdananya ikut sesi latihan, Ikwan pun menjawab beberapa pertanyaan terkait statusnya sebagai pemain baru. Berikut jawabannya:


Bagaimana akhirnya Kamu bisa bergabung dengan Persija?

Sebenarnya saya kaget bisa diajak ke sini (Persija) sama Coach Sudirman. Awalnya ditelepon untuk ditawarkan mau ke sini atau tidak. Setelah itu beberapa hari kemudian Mas Bambang (Pamungkas/Manajer Persija) telepon saya. Dari situ kami terus komunikasi hingga akhirnya sepakat saya datang ke sini.


Hal apa yang membuat Kamu mau bergabung dengan Persija?

Siapa yang tidak mau masuk ke Persija. Bagi saya membela kota sendiri, tempat kelahiran saya. Siapa yang tidak mau.


Pernah terbersit bakal berseragam Persija sebelumnya?

Sebenarnya dulu pernah disuruh ikut latihan bersama saat masih di PON DKI Jakarta pada 2015. Karena di sini (Persija) pada saat itu banyak yang cedera para seniornya. Jadi, saya sebelumnya pernah ikut latihan sama senior sehingga tidak asing lagi. 


Bagaimana melihat Persija saat ini?

Semoga di putaran kedua ini kami bisa lebih baik lagi dan berprestasi agar bisa naik ke papan atas, insya Allah.


Di musim ini Persija diisi banyak pemain muda. Di sisi lain, pergerakan Persija di bursa transfer agresif, termasuk kamu juga datang. Bagaimana pendapat Kamu?

Kalau soal komposisi pemain, mau muda atau senior sama saja. Yang terpenting pada saat main di lapangan harus memiliki motivasi tinggi. Jadi biar permainan keluar semua.


Optimistis bisa berkontribusi untuk Persija naik ke papan atas musim ini?

Insya Allah optimistis. Jika pelatih percaya kepada saya, saya akan bertanggung jawab.


Punya temen deket di Persija saat ini?

Buat sekarang saya pernah satu tim dengan Yoewanto Benny dan Samuel (Christianson Simanjuntak) saat masih di PSS. Jadi saya sempat tanya-tanya kondisi tim di Persija kepada mereka.




Kesan setelah ikut latihan?

Sama saja latihan seperti biasa. Saya pun baru latihan buat kondisi.


Sudah sempet diskusi dengan pelatih soal tugas lini belakang?

Pelatih baru bertanya permainan saya sebelumnya bagaimana, kondisi bagaimana, dan ke depannya seperti apa. Itu semua sudah dibicarakan.


Adaptasi dengan rekan-rekan lini belakang?

Kemarin sudah mengobrol sedikit, say hello. Welcome semua, alhamdulillah.


Apa target di Persija?

Dapat jam bermain banyak dan bisa membawa Persija beprestasi, terdekat ke papan atas.


Kenapa Kamu pilih nomer 45?

Sebenarnya bingung juga mau pilih nomor berapa. Sudah banyak yang dipakai. Sebelumnya Mas Bamnbang menawarkan nomor-nomor lain tapi sudah ada semua. Adanya tinggal 45 saja maka saya pilih itu. Soalnya saya suka nomor empat. Yang penting ada angka empatnya.


Terkait harapan besar dari Jakmania?

Itu memang tanggung jawan kami. Masuk ke tim besar pasti ada tanggung jawab besar. Harus terima kritikan dan saran.