INTERVIEW EKSKLUSIF RIKO SIMANJUNTAK:  SPESIAL NATAL DAN TAHUN BARU
INTERVIEW EKSKLUSIF RIKO SIMANJUNTAK: SPESIAL NATAL DAN TAHUN BARU

Hari Natal 2023 telah tiba. Salah satu pemain Persija yang merayakan, Riko Simanjuntak, berbagi cerita seperti apa ia merayakan momen istimewa ini. Mulai dari makanan yang wajib ada, situasi Natal di kampung halamannya, hingga harapannya menuju Tahun Baru 2024.


Ingin tahu cerita Riko selengkapnya di Hari Natal? Simak obrolannya dalam wawancara eksklusif berikut ini:


Kebiasan apa yang dilakukan Riko setiap Hari Natal?

Tentunya, kebiasaan keluarga kami saat hari natal adalah kumpul keluarga di rumah yang ada di Pematangsiantar.


Bisa ceritakan Hari Natal saat Riko kecil dulu?

Walau sekarang bisa dibilang saya juga masih kecil hehehe, tapi dulu saya anggap Natal adalah momen yang paling bahagia. Karena itu adalah waktu dimana saya bisa berkumpul dengan semua teman-teman, keluarga dan kami merasakan suka cita pada momen tersebut.


Kalau di rumah, siapa yang paling niat mendekorasi ornamen Natal?

Kalau untuk dekorasi di rumah pasti semua sibuk, karena seperti yang saya bilang tadi, karena menyambut Natal pasti semua merasa suka cita, semua bergembira. Tapi jika bicara siapa yang paling sibuk di rumah itu pasti kakak saya, dia juga yang paling cerewet. Semua laki-laki di rumah dimarahi semua olehnya terutama saya.


Jadi Riko melakukan apa saja kalau yang lain sibuk dekorasi rumah?

Saya bagian doa, kasih semangat, dan motivasi saja, hehehe.


Suasana Pematang Siantar kalau di Hari Natal seperti apa?

Pematang Siantar adalah salah satu kota penuh toleransi yang ada di Indonesia, dalam satu kota beragam agamanya. Jadi teman-teman saya yang muslim maupun agama lainnya ikut merayakan Natal juga. Menurut saya itu adalah hal yang luar biasa.


Bisa ceritakan pada Natal sebelumnya, kegiatan apa yang Riko lakukan?

Saya punya perkumpulan di kampung halaman. Pada saat itu kami merayakan natal bersama-sama anak panti asuhan, intinya kami berbagi kebahagiaan bersama anak yatim yang ada di sana.


Kenangan natal yang paling berkesan seumur hidup bagi Riko?

Yang paling berkesan mungkin pada saat saya kecil, orang tua membelikan saya baju Natal. Karena saya tahu proses bagaimana orang tua saya bisa membelikan baju untuk saya seperti apa. Agak sulit untuk menceritakannya. Kalau mengenang hal itu pasti langsung ada rasa sedih tercampur dengan haru. Menurut saya itu adalah momen natal yang paling spesial buat saya.


Tapi kalau sekarang, Riko yang gantian kasih kado Natal untuk keluarga?

Pastinya saya sudah siapkan kado Natal untuk keluarga. Mulai dari orang tua sampai keponakan, terlebih sekarang bisa dikatakan sekarang keluarga sudah semakin besar, kalau dihitung ada sampai sebelas keponakan. Jadi momen natal saya bisa dibilang paling menguras kantong dan juga tenaga. Tapi memang tugas saya sekarang untuk menyiapkan semuanya.


Makanan wajib Riko yang harus ada saat Natal?

Paling wajib harus ada kembang loyang, orang medan pasti tahu. Jadi setiap saya pulang kampung pasti saya minta kakak saya untuk siapkan. Mungkin satu lagi kue bawang yang harus ada saat saya pulang kampung.


Kalau tahun baru 2024 apa sudah ada rencana?

Kebetulan saya sudah selesai membangun rumah di kampung, tepatnya di Parsoburan, Sumatera Utara. Di sana adalah tempat lahir ayah saya, jadi untuk pergantian tahun baru nanti semua keluarga berkumpul menghabiskan waktu di sana.


Kalau bicara soal tim, menurut Riko perbedaan tahun ini dengan tahun lalu apa?

Mungkin dari komposisi pemain, tapi kalau di sepak bola pasti sudah biasa dengan pemain baru yang datang dan pemain yang pergi. Jadi dengan pemain yang ada sekarang ini, kami harus tetap membangun rasa kekeluargaan.


Syahrian Abimanyu, Cahya Supriadi, dan Adre Arido Giovani sepakat kalau Riko sebagai salah satu orang yang bisa mencairkan suasana ruang ganti kalau kondisi sedang kurang bagus. Tanggapannya Riko?

Memang karakter saya seperti itu, saya tahu kapan harus bercanda kapan harus serius. Kita semua tahu bagaimana tekanan yang ada di Persija. Sekarang ini momen sedang kurang baik dimana performa sedang menurun jadi agar semua semangat latihan dan penuh motivasi lagi, jadi sekarang semua butuh meringankan suasana.


Ada harapan tahun 2023 yang belum tercapai?

Sama seperti yang saya bilang sebelumnya, saya ingin membawa Persija lolos ke AFC lagi, dan kalau bisa menjuarai AFC. Semoga kedepannya bisa terealisasi.


Apa harapan Riko di 2024?

Lolos AFC dan bisa juara. Karena saya yakin tim sebesar Persija layak menjuarai AFC.