KALEIDOSKOP PERSIJA DI 2023: LEKATNYA MACAN KEMAYORAN DENGAN TIMNAS
KALEIDOSKOP PERSIJA DI 2023: LEKATNYA MACAN KEMAYORAN DENGAN TIMNAS

Sepanjang 2023 Persija dan Tim Nasional memiliki hubungan yang erat. Macan Kemayoran rutin mendelegasikan pasaukannya untuk membantu Indonesia mengarungi berbagai ajang. Persija berharap para pemainnya bisa mengharumkan Tm Merah Putih di kancah Internasional.


Simak rentetan kejadian penting 2023 Persija dan Timnas dalam artikel berikut ini:


Hansamu dan Abimanyu dkk. Terhenti di Semifinal Piala AFF 2022

Perjuangan Timnas dalam ajang paling bergengsi seantero ASEAN harus terhenti pada babak semifinal Piala AFF 2022. Indonesia kalah dengan skor agregat 0-2 (leg pertama 0-0, leg kedua 0-2). Dua penggawa Persija yang ikut masuk ke dalam skuad pilihan Shin Tae-yong adalah Syahrian Abimanyu dan Hansamu Yama Pranata. Saat itu keduanya hanya tampil melawan Brunei Darussalam, Abimanyu yang turun sebagai starter sumbang satu gol dalam kemenangan 7-0.


Delapan Pilar Persija cs. Terhenti di Babak Grup Piala Asia U-20

Timnas U-20 mendapat pelajaran berharga di Piala Asia U-20. Selama ajang tersebut Indonesia kalah 0-2 melawan Irak, menang 1-0 melawan Suriah, dan imbang 0-0 melawan Uzbekistan. Pada akhirnya skuad besutan Shin Tae-Yong itu hanya mampu memperoleh empat poin dari tiga laga dan kalah jumlah total gol dengan Irak sehingga gagal lolos ke putaran berikutnya. Kendati mendapat hasil yang kurang memuaskan, ada delapan pemain Persija yang masuk ke dalam daftar skuad Garuda muda saat itu. Mereka adalah Achmad Maulana Syarif, Alfriyanto Nico Saputro, Dony Tri Pamungkas, Cahya Supriadi, Frengky Deaner Missa, Ginanjar Wahyu Ramadhani, Muhammad Ferarri, dan Resa Aditya Nugraha.


Ridho, Rio, dan Witan Raih Medali Emas SEA Games 2023

Empat pemain Persija, Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, dan Ilham Rio Fahmi membantu Timnas U-23 meraih emas SEA Games 2023 setelah berhasil menumbangkan Thailand di partai final dengan skor 5-2 (16-5-2023). Kemenangan ini memecahkan tren negatif Timnas Indonesia yang selalu gagal meraih medali emas sejak tahun 1991.


Ridho dan Witan vs Argentina

Juara dunia Argentina menyambangi Indonesia untuk melakukan partai persahabatan. Laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 19 Juni 2023 itu ditonton sekitar 56.000 orang. Pada laga itu Indonesia kalah 0-2, namun bermain melawan Argentina menjadi pengalaman berharga bagi seluruh punggawa Timnas Indonesia. Tak terkecuali dua pemain Persija yang memperkuat Timnas pada saat itu yakni Witan Sulaeman dan Rizky Ridho.


Muhammad Ferarri dkk. Raih Posisi Runner-Up di Piala AFF U-23 2023

Timnas Indonesia gagal meraih kesuksesan seperti Timnas U-23 pada ajang SEA Games di Kamboja. Berhasil mencapai babak final, Timnas muda harus kalah dalam adu penalti (5-6) dari Vietnam setelah 120 menit laga kedua tim bermain imbang 0-0. Selama kejuaraan ini, Muhammad Ferarri menjadi satu-satunya pemain Persija yang memperkuat Timnas. Dirinya selalu tampil di setiap laga dan menyumbang satu gol pada laga semifinal melawan Thailand (24/8/2023).


Rio, Ridho, Abi, dan Dony Terhenti di Babak 16 Besar Asian Games 2023

Sama seperti seri sebelumnya (Asian Games 2018) Timnas Indonesia U-22 gagal melangkah lebih jauh dari babak 16 besar. Memulai kompetisi dengan kemenangan 2-0 atas Kirgistan, Indonesia justru terseok-seok pada partai kedua (kalah 1-0 vs China Taipei) dan ketiga (kalah 1-0 vs Korea Utara). Lolos sebagai peringkat tiga paling baik, Indonesia langsung bertemu lawan berat Uzbekistan, berhasil menahan imbang 0-0 di waktu normal 90 menit, skuad besutan Indra Sjafri itu harus kebobolan 2-0 di waktu tambahan. Pada ajang kali ini Persija menyumbangkan empat pemainnya, yaitu Ilham Rio Fahmi, Rizky Ridho, Syahrian Abimanyu, dan Dony Tri Pamungkas.


Debut Muhammad Rayhan Hannan di Timnas U-23

Bermain cukup konsisten di Liga 1, Muhammad Rayhan Hannan dipercaya memperkuat Timnas U-23. Hannan bermain di partai perdana perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 yang berkesudahan 9-0 untuk kemenangan Timnas atas Chinese Taipei. Masuk sebagai pemain pengganti, dirinya mendapat 25 menit berharga tampil membela Merah Putih.


Indonesia Lolos Piala Asia 2024

Setelah 16 tahun menunggu akhirnya timnas Indonesia berhasil lolos Kualifikasi Piala Asia 2024 setelah mengalahkan Nepal dengan skor telak 7-0. Kemenangan itu membuat Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia dengan status sebagai salah satu runner up terbaik. Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Syahrian Abimanyu adalah tiga pemain Persija yang turut andil meloloskan Timnas ke Piala Asia 2024.


Tiga Macan Muda Tampil di Piala Dunia U-17

November 2023 merupakan momen yang tidak akan terlupakan oleh pecinta sepak bola Indonesia, pesta terbesar sepak bola Indonesia tersaji di Jakarta, Solo dan Surabaya. Walaupun bukan level senior, tapi seluruh pemain di kompetisi ini menampilkan permainan kelas atas, tak terkecuali tuan rumah Indonesia. Tiga pemain Persija yang tergabung dalam skuad Garuda Muda, yaitu Muhammad Nabil Asyura, Figo Dennis Saputranto, dan Jehan Pahlevi bermain di setiap laganya. Nabil menyumbangkan satu gol indah lewat tendangan bebas kontra Maroko (16/11/2023). Walaupun tidak lolos babak grup, menjadi sebuah pengalaman istimewa bagi tiga pemain Persija itu dan seluruh Timnas Indonesia.