KETATNYA PERSAINGAN LINI DEPAN PERSIJA
KETATNYA PERSAINGAN LINI DEPAN PERSIJA

Pertemuan dua tim papan atas Liga 1 2022/2023 pekan ke-10 antara Persija Jakarta dan Madura United di Stadion Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (18/9/2022) malam, berakhir imbang 0-0. Persija yang mempunyai kans untuk menyalip Madura United dari puncak klasemen, berhasil ditahan tim asuhan Fabio Lefundes itu.


Menurut juru taktik Persija, Thomas Doll, sebenarnya anak didiknya berpeluang menjebol gawang lawan. Salah satu momen itu hadir saat awal pertandingan di mana lini pertahanan Madura United membuat kesalahan karena tidak terbiasa menggunakan tiga bek. Thomas menyayangkan Hanno Behrens cs. tidak bisa memanfaatkan momentum itu.


“Lini pertahanan mereka sempat mengalami masalah karena mereka memasang tiga bek. Kami banyak peluang termasuk tendangan Hanno yang mengenai mistar gawang pada menit ketiga. Setelah situasi itu lebih baik, tetapi sayang kami tidak dapat memanfaatkan momentum tersebut,” ucap Thomas dalam konferensi pers pascalaga.


Mantan pelatih Al-Hilal itu pun merasa seharusnya Michael Krmencik dan kolgea bisa menggunakan kesempatan situasi bola mati untuk menciptakan gol kemenangan.


“Saya kurang senang karena kami mendapatkan banyak kesempatan dari bola mati, mungkin ada 11 kesempatan yang kami dapat, namun saya lihat hanya 3-4 bola saja yang bagus. Sisanya terlalu pendek dan bisa diselamatkan penjaga gawang Madura United,” katanya lagi.


Sementara itu, Riko Simanjuntak yang tidak bermain sejak menit awal membuat publik bertanya-tanya. Thomas pun merespon itu bahwa pemilihan pemain yang turun di lapangan adalah keputusan yang dibuat agar Persija bisa menambah daya gempurnya di tengah pertandingan.


“Ini merupakan keputusan sulit bagi saya, tapi dalam pertandingan melawan Madura United saya memang berencana memasukkan Ricky (Cawor) dan Riko setelah babak kedua. Di mana saya tahu kecepatan mereka akan menciptakan perbedaan di kala tim lawan sudah mulai kelelahan,” tutur Thomas.


Pelatih berkebangsaan Jerman tersebut mengakui memang banyak persaingan di lini depan Macan Kemayoran sehingga sulit bagi dia untuk memilih siapa yang akan bermain.


“Keputusan ini murni untuk kebutuhan tim semata. Maka kami membutuhkan waktu untuk menentukan siapa yang akan bermain karena banyak pilihan bagus dari bangku cadangan kami. Kita akan lihat siapa yang akan bermain di pekan ke-11, karena memang banyak persaingan di lini depan. Semua harus berjuang untuk mendapatkan posisi itu,” ucap Thomas.