KINERJA PEMAIN LOKAL PERSIJA TERUS MENDAPAT APRESIASI
KINERJA PEMAIN LOKAL PERSIJA TERUS MENDAPAT APRESIASI

Dalam menjalani rangakain uji coba di masa pramusim, Persija lebih banyak memaksimalkan peran dari para pemain lokal. Hanya Ryo Matsumura saja pilar asing Macan Kemayoran yang rutin ambil bagian.


Meski begitu, performa Persija ada di trek positif. Melawan Persipu, PS UMJ, dan dua tim selevel, Persebaya dan Ratchaburi FC, Persija belum terkalahkan. Imbang 2-2 dengan Persebaya, menang 1-0 atas Ratchaburi FC (Thailand), dan hingga akhirnya menjalani laga perdana Liga 1 2023/2024 vs PSM, Ryo cs. imbang 1-1.


Fakta tersebut menunjukkan bahwa kerangka tim yang dibangun oleh pemain lokal cukup berhasil. Pujian pun mengalir dari dua pelatih lawan terakhir


"Persija memiliki pemain lokal yang bagus. Mereka punya potensi. Saya kira mereka melakukan kinerja bagus dengan membangun dan mengembangkan pemain lokal," kata pelatih PSM, Bernardo Tavares. 


Sebelumnya, juru taktik Ratchaburi, Carlos Pena, berkomentar hal serupa. "Menakjubkan jika mereka hanya bermain dengan pemain lokal, mereka menunjukkan level yang sangat baik," tuturnya.


Jika pondasi tim telah dibangun pemain lokal, maka tambahan legiun asing bisa membuat Persija lebih tangguh. Saat ini Persija masih memiliki Ondrej Kudela di pos bek dan Marko Simic sebagai striker. Selain itu, Tim Ibu Kota dalam proses mendatangkan pemain asing lagi dalam beberapa hari ke depan.


“Tentu akan sangat senang jika mereka (tambahan pemain asing) sudah ada di sini. Tapi memang kenyataannya seperti ini, kami sudah sangat telat. Jadi semua orang yang menantikan tim ini lebih lengkap mungkin harus harus menunggu beberap hari,” ujar Thomas.


“Tapi yang paling penting adalah kami percaya dengan para pemain yang ada saat ini. Banyak pemain muda potensial,” ucapnya melanjutkan.