KOMENTAR THOMAS DOLL UNTUK DEBUT ABDULLA YUSUF
KOMENTAR THOMAS DOLL UNTUK DEBUT ABDULLA YUSUF

Pemain asing Persija kloter terakhir, Abdulla Yusuf Helal, mendapatkan kesempatan debut pada pekan kedua Liga 1 2022/2023. Ia diturunkan dari bangku cadangan dalam laga vs Persis di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi (31/7/2022).


Yusuf tampil sejak menit 65’ setelah menggantikan Hanif Sjahbandi. Tak lama dari dia masuk ke dalam arena, Yusuf langsung memberikan beberapa ancaman ke lini pertahanan Persis Solo, baik dari pergerakan individu mapun skema kerja sama tim.


Meski memberikan kesan positif, pelatih Thomas Doll merasa Yusuf belum maksimal. Pemain asal Bahrain itu dinilai masih memerlukan waktu untuk beradaptasi.


“Yusuf adalah pemain yang fantastis. Pemain berpostur sangat tinggi namun sangat baik bermain bola bawah. Seharusnya Yusuf hanya bermain 15–20 menit saja. Tapi saya turunkan lebih cepat untuk membantu rekan setimnya di lapangan. Yusuf masih membutuhkan sesi latihan lagi karena dia masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Kita akan lihat performa terbaik dia secepatnya,” kata pelatih berkebangsaan Jerman tersebut.


Sementara itu, Thomas pun mengomentari performa timnya secara umum. Kendati Persija memenangkan pertandingan dengan skor 2-1, ia menilai timnya seperti berhenti bermain sepak bola di 45 menit kedua.


Thomas berpendapat kesalahan ini bukan lah masalah yang disebabkan oleh formasi, melainkan kemampuan pemain dalam menjalankan sistem permainan. “Masalah hari ini karena kami mempunyai banyak kesempatan namun tidak bisa mencetak gol dan kami pun banyak kehilangan bola di lini tengah. Saya tekankan bahwa semua sistem mempunyai masalahnya sendiri kalau para pemain terlalu mudah untuk kehilangan bola,” ucap Thomas.


“Kami tidak bisa mengandalkan keberuntungan saja dalam bermain. Saya merasa di babak kedua kami bermain buruk. Semua sistem sepakbola akan terlihat buruk jika pemainnya tidak bisa memainkan sistem itu. Hal ini tidak ada hubungannya dengan kesalahan formasi. Untuk kedepannya tim ini harus bermain lebih baik dengan sistem permainan saya,” katanya melanjutkan.