KUALITAS RIO FAHMI MENINGKAT BERKAT SATU KAMAR DENGAN MARCO MOTTA DAN ISMED SOFYAN
KUALITAS RIO FAHMI MENINGKAT BERKAT SATU KAMAR DENGAN MARCO MOTTA DAN ISMED SOFYAN

Bek sayap kanan Persija Jakarta, Ilham Rio Fahmi mendapatkan gelar Pemain Muda Terbaik Liga 1 2022/2023. Pemain berusia 21 tahun itu tercatat bermain selama 2050 menit dalam 30 laga dan menyumbangkan satu gol serta dua assist.


Selain itu, Rio pun terpilih untuk masuk dalam Best XI Liga 1 2022/2023 bersama dua rekan lainnya, yaitu Ondrej Kudela dan Andritany Ardhiyasa.


Rio mengakui pencapaian yang bisa diraihnya sekarang tidak bisa dia dapatkan tanpa bantuan dari dua mantan pemain Persija, yaitu Ismed Sofyan dan Marco Motta.


“Saya sangat berterima kasih kepada mereka yang telah memberikan banyak wejangan kepada saya sebelum mereka berdua meninggalkan Persija,” ucap Rio.


“Dengan kehadiran Bang Haji Ismed (Sofyan) dan Marco (Motta) sebagai senior di musim lalu sangat membantu perkembangan permainan saya,” katanya melanjutkan.


Rio yang merupakan Jakmania sejak kecil sangat mengidolakan Ismed. Kesempatan berada di satu tim yang sama membuat Rio banyak mengambil ilmu dari pemain yang 20 tahun berkarier bersama Persija itu.


“Bang Haji Ismed idola saya sejak kecil dan memilki posisi yang sama. Maka dari itu saya banyak belajar dari beliau,” tutur Rio.


Di musim 2021/2022, interaksi Rio dengan Ismed dan Motta bukan hanya sebatas obrolan singkat. Sebab, pada putaran pertama hingga awal putaran kedua, Rio selalu satu kamar dengan Motta.


Musim 2021/2022 berlangsung dengan sistem bubble. Alhasil, mereka bisa 1-2 bulan menjadi teman sekamar sehingga bisa rutin berdiskusi pagi, siang, dan malam. Memasuki pertengahan paruh kedua di mana sistem bubble berlangsung di Bali, Rio mendapatkan giliran satu kamar dengan Ismed hingga akhir musim. 


Kesempatan satu kamar dengan Motta dan Ismed tak Rio sia-siakan. Ia serius “mencuri” ilmu dari keduanya.


“Pada saat sistem bubble musim lalu saya juga selalu satu kamar dengan Marco. Pada kesempatan itu saya banyak belajar dari Marco bagaimana menjadi bek kanan yang baik dari mulai cara bertahan maupun menyerang,” ujar Rio.