PANDANGAN THOMAS DOLL SOAL HANSAMU YAMA DI TIMNAS DAN PERPANJANG KONTRAK
PANDANGAN THOMAS DOLL SOAL HANSAMU YAMA DI TIMNAS DAN PERPANJANG KONTRAK

Dalam konferensi pers pascalaga di pengujung Liga 1 2022/2023, yaitu vs PSS (15/4/2023), pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, mengutarakan rasa bangganya karena bisa mengeluarkan kemampuan terbaik anak didiknya di sepanjang musim.


Secara khusus, saat itu Thomas mengatakan bahwa ia sangat senang karena ada beberapa pemain yang sebelumnya sudah tak dilirik masuk ke Timnas bisa mendapatkan panggilan kembali.


Sosok yang dimaksud juru taktik asal Jerman itu adalah Hansamu Yama Pranata dan Riko Simanjuntak. Keduanya terakhir mendapatkan panggilan Timnas pada Oktober 2019.


Karena penampilan gemilangnya bersama Persija di musim 2022/2023, Hansamu akhirnya dipanggil Timnas lagi pada November 2022 untuk mengorbit di Piala AFF 2022. Jadi, saat bek asal Mojokerto, Jawa Timur, itu memutuskan bertahan di Persija Thomas bersyukur.


“Berita itu adalah hal yang sangat menyenangkan untuk didengar (perpanjang kontrak). Saya ingat satu tahun yang lalu, semua orang berharap Hansamu bisa bermain secara satu musim penuh. Sebab, dia mempunyai catatan buruk dengan cederanya,” ujar Thomas.


“Sekarang secara bertahap dia mempunyai penampilan yang bagus dan bisa kembali ke tim nasional. Kami senang, begitu pula dengan Hansamu. Dia pasti senang untuk memperpanjang kontraknya di Persija dan terus menjadi bagian dari keluarga Persija,” ucapnya melanjutkan.


Sementara itu, Riko mendapatkan panggilan Timnas lagi jelang Timnas melakoni FIFA Matchday pada Maret 2023. 


Di sisi lain, Thomas pun memprediksi bakal ada beberapa pemain lainnya yang akan dilirik Timnas, yaitu gelandang Resky Fandi dan kiper Andritany Ardhiyasa.


“Bagi saya dia selalu bermain memakai hatinya dan dia pun memiliki mental Eropa. Saya yakin di masa yang akan datang dia bisa dipanggil Timnas,” kata Thomas mengomentari kinerja Resky.


"Mungkin kapten kami, Andritany, harus sedikit lebih bersabar untuk kembali ke Timnas. Padahal, dia bermain sangat luar biasa di musim ini. Saya sangat senang,” tutur Thomas lagi.