PASUKAN PERSIJA JALANI TES MEDIS SESUAI STANDAR FIFA
PASUKAN PERSIJA JALANI TES MEDIS SESUAI STANDAR FIFA

Setelah menggelar program early pre season untuk sebagian pemain pada pekan lalu, Persija melanjutkan agenda persiapan tim dengan menggelar tes medis bersama Official Medical Partner, Eka Hospital, BSD, pada Senin (16/5/2022).


Seluruh pemain, minus pemain yang tengah membela timnas U-23 di SEA Games 2022 (Ilham Rio Fahmi, Firza Andika, Syahrian Abimanyu) dan legiun asing, Makan Konate, menjalani berbagai macam tes. 


Tahapan pertama, para pemain melakukan pemeriksaan tanda-tanda vital, pengambilan sampel lab, dan pemeriksaan umum oleh tim dokter Eka Hospital. Tes kedua menjalani rekam jantung oleh dr. Daniel Tanubudi, SP.JP FIHA, Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah. Selanjutnya melewati pemeriksaan orthopedi oleh dr. Ricky E. P Hutapea, SpOT (K) Hip & Knee, Spesialis Orthopedi Konsultan Lutut dan Panggul. Kemudian ada tes VO2Max. Terakhir ada pemeriksaan fungsional oleh spesialis keolahragaan yang juga merupakan dokter tim Persija, dr. Donny Kurniawan, SpKO(K).




“Tes medis biasa kami lakukan menjelang kompetisi. Tahun ini kami sangat khusus karena telah bekerja sama dengan Eka Hospital. Bukan hanya pemeriksaan dasar (umum, rekam jantung, orthopedi, dan spesialis keolahragaan), tapi juga ada pemeriksaan yang menggunakan fitness testing. Tadi pun ada pemeriksaan VO2Max yang menggunakan maximal test. Ada juga pemeriksaan 1RM (one rep max), yaitu mengukur kekuatan. Ada pun deadlift, squad, dan pull up. Jadi tahun ini jauh lebih lengkap dibandingkan tahun sebelumnya,” kata dr. Donny.


“Kami benar-benar melakukan standar yang ditetapkan oleh FIFA atau pun klub-klub profesional di luar negeri. Mungkin ini juga bagian dari permintaan head coach (Thomas Doll) sehingga kami benar-benar meningkatkan standar untuk musim depan,” tuturnya melanjutkan.




Sementara itu, spesialis jantung dan orthopedi pun menjelaskan apa saja yang menjadi areanya.


“Kami melakukan pemeriksaan menyeluruh atau medical check up. Jadi biasa dari kami, spesialis jantung, melakukan usaha yang paling dasar, EKG atau rekam jantung. Pemeriksaan itu untuk melihat apakah ada kelainan anatomi jantung atau gangguan lainnya. Hasilnya masih dalam batas normal. Tapi tetap ada catatan seperti tekanan darah yang harus diperhatikan oleh beberapa pemain,” ucap dr. Daniel.




Di sisi lain, dr. Ricky menjabarkan apa saja yang diperiksa dalam lingkup orthopedi.


“Hari ini kami fokus ke pemeriksaan musculoskeletal di bidang orthopedi karena kami spesialis orthopedi. Secara garis besar kami memeriksa tulang, otot, dan ligamen yang berkaitan dengan persiapan para atlet dalam menyambut musim yang baru. Yang kami tekankan di sini adalah kesetabilan dari aspek tersebut, kemudian kekuatan, dan kesiapan untuk menjalani latihan dan pertandingan rutin. Jadi kalau kami temukan adanya catatan akan kami tindaklanjuti,” ujarnya. 


“Sejauh ini masih dalam batas yang memuaskan. Masih ada kerikil-kerikil sedikit dan itu wajar dalam dunia olahraga. Selama tak membuat efek yang besar tak masalah. Jika ada hal yang membuat potensi kinerja atlet menurun itu harus dilakukan penanganan,” kata dr. Ricky melanjutkan.


Terima kasih Eka Hospital. Tetap sehat-sehat kalian para Macan!