PELAJARAN YANG DIPETIK THOMAS DOLL SELAMA SATU MUSIM BERSAMA PERSIJA
PELAJARAN YANG DIPETIK THOMAS DOLL SELAMA SATU MUSIM BERSAMA PERSIJA

Usai sudah musim pertama Thomas Doll bersama Persija Jakarta. Dalam musim pertamanya, Thomas berhasil menduduki posisi kedua klasemen, terpaut sembilan poin dari sang jawara PSM.


Meskipun tidak memberikan trofi untuk Macan Kemayoran, Thomas dinilai berhasil membawa perubahan besar untuk Persija. Salah satu indikatornya adalah perbaikan posisi klasemen di akhir musim. Dari peringkat ke delapan di Liga 1 2021/2022 menjadi peringkat kedua di musim 2022/2023.


Thomas pun berhasil melampaui targetnya. Awalnya pelatih berkebangsaan Jerman itu hanya menargetkan lima besar. Pencapaian tersebut membuat tangan dingin Thomas kembali dinantikan tuahnya di musim depan.


Selesai menangani Tim Ibu Kota selama satu musim, Thomas mengatakan bahwa Persija adalah klub yang hebat.


“Persija merupakan klub yang besar dan fantastis. Persija mempunyai suporter yang hebat yang terus mendukung kami sejak awal hingga akhir. Mereka selalu ada dalam pandangan kami di dalam lapangan maupun di luar lapangan,” ucap Thomas.


“Saya pun belajar banyak dari para pemain, yaitu arti dari sebuah pengembangan diri. Saya melihat setiap mereka datang untuk latihan dengan motivasi tinggi dan perubahan besar mental mereka,” tutur Thomas.


Pelatih yang pernah bermain untuk SS Lazio itu menargetkan Persija untuk meraih gelar Liga 1 di musim berikutnya. Menurutnya, target tersebut harus diikuti oleh pembangunan tim yang solid agar Riko Simanjuntak dkk. bisa mengarungi musim 2023/2024 lebih baik.


“Musim ini kami berada di posisi kedua dan kami membutuhkan target untuk musim berikutnya, yaitu kami akan berjuang untuk meraih gelar Liga 1,” ujar Thomas.


“Menurut saya penting bagi kami untuk tidak berbicara target saja tapi benar-benar membangun tim ini menjadi lebih baik lagi dan benar-benar bekerja keras untuk mendapatkannya,” katanya melanjutkan.