PENUNDAAN PSS VS PERSIJA SESUAI PASAL 13 DI REGULASI LIGA 1
PENUNDAAN PSS VS PERSIJA SESUAI PASAL 13 DI REGULASI LIGA 1

Maksud hati menutup periode 2022 dengan kemenangan, yang terjadi justru Persija Jakarta menyudahi laga tanpa hasil. Sebab, pertandingan vs PSS di Stadion Manahan, Solo, Jumat (23/12/2022) sore, terhenti di tengah jalan karena lapangan tergenang air akibat hujan deras.


Kala babak kedua baru berlangsung dua menit, wasit Ruli menghentikan pertandingan karena lapangan dinilai sudah tak ideal untuk dijadikan arena tanding. Lebih dari 50 persen area lapangan dipenuhi air sehingga pegerakan bola sangat terganggu. Selain itu, pandangan para pemain pun terganggu karena hujan begitu lebat jatuh di Manahan.


Wasit pun mengambil kebijakan sesuai Pasal 13 terkait Pertandingan Terhenti di Regulasi Liga 1 2022/2023.


“Apabila pertandingan terhenti sebelum berakhirnya durasi normal pertandingan karena alasan force majeure atau alasan lain termasuk tetapi tidak terbatas pada lapangan permainan di stadion yang tidak layak digunakan, kondisi cuaca, lampu Stadion padam, tingkah laku buruk atau kericuhan penonton dan lainnya yang menyebabkan pertandingan tidak dapat dijalankan dengan baik, maka berlaku prosedur sebagai berikut:


a. Pertandingan dihentikan selama durasi 30 menit. Selama waktu penghentian ini, wasit dapat memutuskan pertandingan dapat dilanjutkan sebelum waktu penghentian tersebut berakhir.


b. Setelah dihentikan selama 30 menit pertama sebagaimana diatur dalam ayat (1) huruf a Pasal ini, dapat dilakukan penambahan penghentian waktu selama 30 menit berikutnya apabila menurut penilaian wasit penghentian kedua ini akan membuat pertandingan dapat dilanjutkan atau wasit dapat menyatakan pertandingan dihentikan. Selama waktu penghentian ini, wasit dapat memutuskan Pertandingan dapat dimulai sebelum waktu penghentian tersebut berakhir.


c. Setelah penghentian selama 30 menit kedua berakhir dan wasit berpendapat bahwa Pertandingan masih belum dapat dilaksanakan, maka wasit menyatakan pertandingan ditunda. Apabila wasit menyatakan demikian, Match Commissioner harus segera memberikan laporan tertulis kepada LIB (PT Liga Indonesia Baru) mengenai keputusan tersebut.


d. Selambat-lambatnya dua jam terhitung sejak keputusan wasit terhadap penundaan pertandingan sebagaimana diatur dalam huruf c di atas, LIB harus memutuskan status pertandingan berdasarkan laporan yang diterima dari Match Commissioner. Dengan mempertimbangkan seluruh aspek, LIB harus menentukan apakah akan dilakukan dilakukan penjadwalan ulang (reschedule) terhadap pertandingan tersebut dan kemudian dijalankan sampai selesai atau keputusan lainnya. Keputusan LIB tersebut bersifat final dan mengikat dan terhadapnya tidak dapat dilakukan banding,” tulis Pasal 13 di regulasi kompetisi.


Mengacu pada “kitab” Liga 1 itu, digelar lah emergency meeting. Dalam forum itu, hadir perwakilan dari LIB, wasit, manajemen Persija dan PSS, kapten kedua tim, dan perangkat panpel.


“Berdasarkan rujukan di atas, bahwa pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 NP 153 antara PSS Sleman vs Persija Jakarta pada tanggal 23 Desember 2022, kick off pukul 15.00 di stadion Manahan Solo sudah berjalan selama 47 menit. Terjadi hujan lebat dan permainan tidak bisa dilanjutkan. Sesuai regulasi sudah dilakukan penundaan selama 30 menit pertama, pertandingan belum bisa dilanjutkan. Setelah diberikan kesempatan 30 menit kedua, juga tidak memungkinkan untuk dilanjutkan,” tulis Berita Acara di emergency meeting.


“Pada saat dilakukan emergency meeting yang dihadiri oleh manager PSS Sleman, kapten tim PSS Sleman, manager (Wakil Presiden) Persija Jakarta, kapten tim Persija Jakarta, penilai wasit, wasit, perwakilan PT LIB, dan Ketua LOC, yang dipimpin oleh Match Comm, diputuskan bahwa pertandingan week 17 NP 153 antara PSS Sleman vs Persija Jakarta dinyatakan ditunda,” lanjut Berita Acara tersebut.


Jadi, terkait jadwal lanjutan PSS vs Persija masih menanti keputusan dari LIB ya Jak!