PERGANTIAN PELATIH BUKAN SATU-SATUNYA SOLUSI
PERGANTIAN PELATIH BUKAN SATU-SATUNYA SOLUSI

Setelah melewati tiga laga di putaran kedua atau 20 pertandingan di BRI Liga 1 2021/2022, manajemen Persija resmi melepas Angelo Alessio sebagai pelatih kepala. 


Koleksi 29 poin dari tujuh kemenangan, delapan kali imbang, dan lima kekalahan, dinilai sebagai rapor yang kurang apik.


“Kalau kita melihat apakah kemudian ini menjadi sesuatu yang fair atau tidak, memang keputusan ini layak diperdebatkan. Tapi tentu terlepas dari itu semua manajemen telah memberikan waktu yang cukup bagi Angelo dalam kaitannya untuk mencoba mengembangkan potensi yang ada dalam tim. Namun pada titik terakhir, harus ada sesuatu yang harus diubah di sini,” kata Manajer Persija, Bambang Pamungkas, dalam Forum Persija yang dihadiri sekitar 15 media dan the Jakmania.


Mas Bepe, sapaan akrab Bambang Pamungkas, menekankan bahwa pergantian pelatih sejatinya bukan satu-satunya solusi. Artinya, masih ada faktor lain yang juga harus dibenahi untuk meningkatkan performa tim.


"Pergantian pelatih adalah salah satu jalan untuk dapat memperbaiki tim. Namun jika hal tersebut serta-merta dianggap menyelesaikan masalah, maka salah besar,” tuturnya.


“Pelatih bertanggung jawab atas hasil, tentu setuju. Namun setiap pemain juga harus mengoreksi diri atas penampilan mereka di lapangan. Seluruh komponen di dalam tim harus bekerja lebih keras dan membuktikan, jika mereka layak berada di Persija,” ucap Bepe.