PERSIJA DAN PIALA ASIA, DARI BAMBANG PAMUNGKAS HINGGA RIZKY RIDHO
PERSIJA DAN PIALA ASIA, DARI BAMBANG PAMUNGKAS HINGGA RIZKY RIDHO

Timnas Indonesia sebentar lagi berlaga di Piala Asia 2023. Laga perdana Rizky Ridho dkk. yaitu menghadapi Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Qatar, Senin (15/1/2024), pukul 21.30 WIB.


Persija termasuk salah satu klub yang hampir selalu menyumbang pemain ke skuat timnas Indonesia untuk Piala Asia, tepatnya sejak edisi 2000.


Kubu Macan Kemayoran hanya pernah sekali absen mengirim pemain, yakni pada keikutsertaan perdana Indonesia di putaran final Piala Asia (1996).


Ada pun pemain Persija pertama yang mengukir debut di Piala Asia adalah Nuralim. Bek legendaris itu mengisi susunan starter partai pembuka Grup B Piala Asia 2000 kontra Kuwait yang berakhir dengan skor imbang 0-0 (13 Oktober 2000).


Bukan cuma Nuralim, satu pemain Persija Jakarta lain pun masuk skuat Piala Asia 2000. Siapa lagi kalau bukan striker terbaik sepanjang masa, Bambang Pamungkas.


Namun, Mas Bepe, sapaan akrabnya, hanya duduk manis di bangku cadangan pada pertandingan pembuka. Dia baru mencicipi atmosfer Piala Asia dalam laga kedua melawan China, 16 Oktober 2000.


Bambang masuk pada babak kedua menggantikan Rochi Putiray (69'), tapi hasil akhir tak berpihak kepada Skuad Garuda. Laskar Merah-Putih dipaksa menyerah empat gol tanpa balas.


Berselang empat tahun kemudian, Persija mendominasi skuat Piala Asia 2004. Tak tanggung-tanggung, mereka menyumbang tujuh pemain ke timnas.


Ketujuh pemain tersebut antara lain Ismed Sofyan, Aples Tecuari, Ardi Warsidi, Elie Aiboy, Budi Sudarsono, Agus Indra Kurniawan, dan Bambang Pamungkas.


Budi Sudarsono dan Elie Aiboy menjadi bintang timnas Indonesia tahun itu lantaran sama-sama sukses menyumbang satu gol. Masing-masing ke gawang Qatar dan Bahrain.  


Gol Budi Sudarsono terasa lebih istimewa, bahkan bersejarah, lantaran berbuah kemenangan pertama timnas Indonesia di putaran final Piala Asia.


Budi membuka keunggulan timnas Indonesia atas Qatar dalam laga pembuka Grup A Piala Asia 2004, sebelum Ponaryo Astaman mencetak gol indah nan ikonik pada awal babak kedua. Kubu lawan hanya bisa membalas sekali via aksi Magid Mohamed (83').


Sumbangsih Persija untuk skuat Piala Asia berkurang pada edisi 2007. Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah bersama Thailand, Vietnam, dan Malaysia.


Persija tercatat mengirimkan tiga nama ke timnas Indonesia, yakni Ismed Sofyan, Atep Rizal, dan Bambang Pamungkas. Nama yang disebut terakhir ikut menyumbang gol kemenangan atas Bahrain, 10 Juli 2007.


Sayangnya, timnas Indonesia gagal lolos ke fase gugur akibat menelan hasil minor di dua laga berikutnya melawan Arab Saudi (1-2) dan Korea Selatan (0-1).


Setelah 2007, timnas Indonesia sempat vakum lama dari putaran final Piala Asia, sebelum comeback tahun ini. Persija diwakili Rizky Ridho yang kemungkinan bakal mengisi satu slot di lini belakang. Sebenarnya ada satu delegasi lain dari Persija, yaitu Witan Sulaeman. Namun, semenjak putaran kedua Liga 1 2023/2024 dia dipinjamkan ke Bhayangkara Presisi Indonesia FC.


Total 13 pemain Persija Jakarta pernah mencicipi atmosfer Piala Asia. Semoga tahun ini Ridho, Witan, dan kolega lainnya bisa menorehkan prestasi yang lebih baik lagi untuk Timnas.


Selamat berjuang, Skuad Garuda!