PERSIJA JALANI TES FISIK LANJUTAN DI MARKAS TIM
PERSIJA JALANI TES FISIK LANJUTAN DI MARKAS TIM

Penting bagi Persija Jakarta untuk mengetahui kondisi detail para pasukannya dalam menyongsong Liga 1 2023/203. Tes fisik dan medis menjadi caranya.


Pada hari keempat Persija mengumpulkan pemainnya, yaitu Kamis (25/5/2023), Hanif Sjahbandi cs. melakoni tes fisik lanjutan di Nirwana Park, Bojongsari.


Mereka menjalani tes Maximum Aerobic Speed (MAS) yang bertujuan untuk mengetahui secara akurat daya tahan tubuh para pemain.


Sebelumnya, tes fisik telah dilakukan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta Timur, secara bergantian pada 22-24 Mei 2023. Resky Fandi dan kolega menjalani tes body compotition, vertical jump, dan VO2Max.


Tes body compotition dijalani untuk mengetahui kadar lemak yang ada di tubuh pemain. Vertical jump bertujuan unutk mengetahui kekuatan tungkai kedua kaki. Sementara VO2Max untuk mengetahui kapasitas paru-paru pemain.


“Seluruh hasil tes fisik dan medis akan menjadi acuan bagi pelatih untuk membuat program latihan nantinya,” kata Ilham Ralibi, pelatih fisik Persija.


“Kami tim pelatih berharap bisa membuat program yang tepat agar level kebugaraan fisik para pemain meningkat dari musim sebelumnya. Yang pasti harus bisa menunjang strategi yang diterapkan oleh pelatih (Thomas Doll),” tuturnya melanjutkan.


Sebagai gambaran awal dari hasil yang sudah didapat, Ilham mengatakan bahwa para pemain memiliki kebugaran fisik yang baik. Tentu ini menjadi modal berharga dalam menapaki persiapan menuju Liga 1 2023/2024.


“Selama liburan tetap menjalani latihan dan menjaga asupan makanan. Jadi, saya tidak kaget dalam menjalani rangkaian tes di saat ini,” tutur Firza Andika, bek sayap Persija.