PIALA ASIA U-23 2024: KOMENTAR RIZKY RIDHO USAI LAGA VS QATAR
PIALA ASIA U-23 2024: KOMENTAR RIZKY RIDHO USAI LAGA VS QATAR

Indonesia U-23 menelan hasil pahit di laga pertama Piala Asia U-23 2024. Melawan tuan rumah Qatar di Stadion Jassim Bin Hamad, Senin (15/4/2024) malam, Garuda Muda kalah dengan skor 0-2.


Qatar berhasil mencetak gol pertama pada menit 46’ lewat titik penalti setelah Mahdi Salem dianggap dilanggar oleh Rizky Ridho. Khalid Ali sabah yang menjadi eksekutor dengan tenang mengeksekusi penalti tersebut. Skor 1-0 hingga turun minum.


Bertekad menyamakan kedudukan pada babak kedua, Garuda Muda justru harus bermain dengan 10 orang setelah Ivar Jenner mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-46.


Bermain dengan 10 orang, membuat permainan Indonesia sedikit goyah. Hal tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Qatar. Alhasil, pada menit 54’ Ahmed Al-Rawi berhasil mencetak gol lewat tendangan bebas. Skor berubah menjadi 2-0.


Indonesia sebetulnya mempunyai beberapa peluang dari sembilan tendangan yang dibuat. Sayang semua peluang tersebut gagal dimanfaatkan menjadi gol. Terlebih lagi Ramadhan Sananta menyusul Ivar yang diusir wasit karena mendapatkan kartu merah pada menit 90+6’. Skor bertahan 2-0 hingga akhir laga.


Dalam laga ini, tiga pemain Persija, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, dan Ilham Rio Fahmi bermain 90 menit penuh. Sedangkan dua pemain lainnya, yaitu Muhammad Rayhan Hannan dan Dony Tri Pamungkas duduk di bangku cadangan.


Usai pertandingan, Rizky Ridho mengutarakan kekecewaannya atas jalannya pertandingan melawan Qatar. Menurutnya ada beberapa keputusan wasit yang berefek negatif untuk Indonesia. Salah satunya adalah kartu merah untuk Ivar di awal babak kedua


“Tentu kaget dengan kartu merah yang kami dapatkan. Setelah ini kami akan cek lebih lanjut lagi soal itu (kartu merah), apakah memang layak dapat merah atau tidak. Semua tahu kartu merah itu memang mengubah situasi. Untuk penalti di babak pertama. Kami pun akan lihat nanti apakah itu benar-benar 100% penalti,” ujar Ridho.


Pada laga selanjutnya Indonesia akan kembali bertemu lawan kuat, yaitu Australia. Laga tersebut akan dimainkan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (18/4/2024), pukul 20.00 WIB.