RAHASIA PERSIJA DIBALIK STATUS TIM TERKUKUH DAN TERBANYAK CLEAN SHEET
RAHASIA PERSIJA DIBALIK STATUS TIM TERKUKUH DAN TERBANYAK CLEAN SHEET

Persija Jakarta mengakhiri Liga 1 2022/2023 dengan status runner up. Meski begitu, ada satu aspek yang ternyata lebih baik dari sang juara liga. 


Persija memiliki catatan yang lebih baik dari PSM dan tim lainnya dalam segi kebobolan. Di sepanjang musim Macan Kemayoran hanya kebobolan 27 gol. Sementara PSM tercatat lebih banyak satu angka, yakni 28 gol.


Selain angka kebobolan yang lebih sedikit, Persija pun memiliki rapor yang lebih baik dari jumah nirbobol atau clean sheet. Gawang Tim Ibu Kota yang dijaga Andritany Ardhiyasa dalam 34 partai (sempat diganti di satu pertandingan) total berhasil 15 kali nirbobol. Unggul satu partai dibandingkan PSM.


Gawang Persija berhasil tak ternoda dalam laga vs Rans Nusantara (3-0), Persita (1-0), Arema FC (1-0), Barito Putera (1-0), Madura United (0-0), Borneo FC (1-0), PSS (2-0), Persikabo 1973 (1-0), Arema FC (2-0), Madura United (0-0), PSIS (1-0), Persib (2-0), Persebaya (1-0), Dewa United (1-0), dan PSS (5-0).


Andritany mengungkapkan rahasia dibalik kesuksesan Persija dalam menjadi tim terkukuh Liga 1 2022/2023. Ia pun bersyukur bisa menjadi kiper dengan clean sheet terbanyak.


“Bahagia sudah pasti. Tapi semua ini terjadi bukan karena kehebatan seorang saja, tetapi dari kerja keras tim,” kata Andri.


“Kerja keras bukan hanya dari lini pertahanan saja, tetapi mulai dari striker hingga penjaga gawang. Tahun ini memang luar biasa. Saya dijaga oleh Ondrej Kudela, Hansamu Yama, Muhammad Ferarri, bahkan sempat ada Hanif Sjahbandi dan beberapa pemain lainnya,” tuturnya melanjutkan.


Semoga status tim terkukuh berlanjut musim depan ya Can!