RASA SYUKUR RIZKY RIDHO ATAS KEMENANGAN INDONESIA VS VIETNAM
RASA SYUKUR RIZKY RIDHO ATAS KEMENANGAN INDONESIA VS VIETNAM

Indonesia suskes meraih poin penuh pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023. Melawan Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam, Skuad Garuda berhasil menang dengan skor tipis 1-0.


Melawan Vietnam, pelatih kepala Timnas, Shin Tae-yong melakukan perubahan komposisi tim. Bermain dengan formasi 4-4-2, bek Persija, Rizky Ridho dan bek Ipswich Town, Elkan Baggott, tidak bermain sebagai kesebelasan pertama seperti di laga vs Irak.


Setelah melancarkan gelombang serangan, akhirnya Tim Merah Putih berhasil menodai gawang Vietnam pada menit 42’ lewat penalti Asnawi Bahar. Kapten Timnas itu berhasil melepaskan tembakan dari titik putih yang mengecoh penjaga gawang Vietnam ke arah berlawanan.


Di sisa laga, Indonesia dan Vietnam terus jual beli serangan. Ridho yang masuk pada menit 69’ menggantikan Jordi Amat ikut berjuang mempertahankan keunggulan hingga menit akhir. Hebatnya, di lengan kiri pemain berusia 22 tahun itu terbalut ban kapten. 


Tugasnya dalam menjaga lini pertahanan sama baiknya kala ia harus memimpin perjuangan di lapangan. Pada akhirnya Tim Merah Putih berhasil menang dengan skor 1-0.


Ridho bersyukur atas kemenangan perdana di Piala Asia. Menurutnya tiga poin yang didapat atas Vietnam sangat penting.


“Alhamdulillah kami semua bisa mengamankan tiga poin penting ini. Tapi tentu ada kekurangan yang harus kami koreksi agar kedepannya bisa bermain lebih baik lagi,” ujar Ridho.


Pada laga berikutnya, dijadwalkan Timnas akan melawan Jepang di Stadion Al Thumama, Qatar Rabu (24/1/2024), pukul 18.30 WIB. Ridho meminta doa serta dukungan untuk laga terakhir Grup D itu.


“Pada laga selanjutnya kami akan terus bermain sebaik mungkin,” ucapnya lagi.


Sementara itu, kemenangan atas Vietnam membuat Indonesia naik ke peringkat ketiga Grup D dengan total tiga poin. Kabar baiknya, Indonesia menjadi urutan pertama sebagai peringkat ketiga terbaik setelah Suriah, Tajikistan, dan Palestina yang baru memiliki satu poin.


Akan ada empat tim dari peringkat tiga terbaik yang akan lolos ke babak 16 besar. Hal ini membuat peluang Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya semakin lebar.


Terus berjuang, Garuda!


Foto: PSSI