REVIEW BORNEO FC VS PERSIJA: KEKALAHAN PERTAMA MACAN KEMAYORAN DI 2024
REVIEW BORNEO FC VS PERSIJA: KEKALAHAN PERTAMA MACAN KEMAYORAN DI 2024

Persija terpaksa mengakui keunggulan tuan rumah, Borneo FC, 1-3 dalam lanjutan pekan ke-24 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Batakan, Balikpapan, Selasa (6/2/2024) malam. Meski tumbang, striker Macan Kemayoran, Gustavo Almeida akhirnya mencetak gol perdananya. 


Kedua tim memulai laga dengan inisiatif yang sama, yaitu berharap lebih dulu mencetak gol pertama. Ternyata, tim tuan rumah yang berhasil. 


Pada menit 25’, sayap Borneo FC, Sihran Amarullah berhasil mencetak gol. Sepakan Sihran sebenarnya sudah coba dihadang kiper Macan Kemayoran, Andritany Ardhiyasa. Namun, bola yang ditembak tetap masuk ke arah gawang. Skor 0-1.


10 menit kemudian, Hansamu merasakan ada keluhan di kakinya sehingga digantikan Rizky Ridho pada menit Ke-35. Setelah dimasukkannya bek tengah yang baru pulang dari Piala Asia 2023 itu, Persija terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Namun hingga peluit babak pertama berakhir, kedudukan tetap bertahan 0-1.


Memulai babak kedua, Syahrian Abimanyu keluar digantikan Hanif Sjahbandi untuk meningkatkan performa tim. Namun, Borneo mampu menambah gol pada menit 47’. Kali ini gol dicetak melalui sundulan Wiljan Pluim yang memanfaatkan umpan matang dari Stefano Lilipaly. Skor 0-2.


Tak ingin ketinggalan lebih jauh, pada menit  67’ pelatih Persija, Thomas Doll menggantikan Firza Andika dan Muhammad Rayhan Hannan dengan Dony Tri Pamungkas dan Riko Simanjuntak. Ia berharap serangan Persija semakin masif.


Sayangnya Borneo kembali menambah keunggulan pada menit ke-82. Kali ini lewat tandukan bek muda, Komang Teguh, memanfaatkan umpan Stefano Lilipaly melalui sepak pojok. Skor 0-3. 


Di pengujung laga, Persija akhirnya berhasil mencetak gol pada menit ke-92 lewat sontekan terarah Gustavo Almeida memanfaatkan umpan Ryo Matsumura. Laga berakhir dengan skor 1-3.


Usai laga, Thomas mengatakan bahwa pemain asuhannya kurang menunjukkan keinginan untuk menang.


“Saya pikir mereka (Borneo FC) layak untuk menang karena terlihat lebih lapar dari kami. Saya kecewa dengan hasil akhirnya. Saya pun kecewa dengan gol pertama. Natal padahal sudah lewat tapi kami seperti memberikan kado untuk gol pertama lawan,” ujar Thomas.


“Setelah melihat permainan seperti ini, saya rasa akan sulit untuk Persija jika ingin menembus empat besar,” katanya lagi.