REVIEW PERSIJA VS BHAYANGKARA FC: PERSIJA RAIH KEMENANGAN PERTAMA
REVIEW PERSIJA VS BHAYANGKARA FC: PERSIJA RAIH KEMENANGAN PERTAMA

Penantian Persija Jakarta untuk meraih poin penuh akhirnya tiba pada pekan ketika Liga 1 2023/2024. Macan Kemayoran menang dengan skor besar, 4-1, atas Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (16/7/2023) malam.


Pada awal laga, Persija dikejutkan dengan gol cepat Bhayangkara pada menit keenam. Tembakan lambung Crislan Henrique tak mampu diselamatkan Andritany Ardhiyasa.


Sembilan menit berselang, Persija langsung membalas. Pada menit 14’ Riko Simanjuntak yang berada di sayap kiri menggiring bola menuju ke tengah. 


Setelah mendapat posisi ideal, Riko langsung melepaskan tendangan jarak jauh. Penjaga gawang Bhayangkara, Awan Setho tak mampu menahan derasnya bola yang mengarah ke kanan bawah gawang mereka. Skor 1-1.


Setelah gol tersebut, kepercayaan diri Persija mulai menguat. Tim Ibu Kota terus melancarkan serangan sehingga melahirkan beberapa peluang. Salah satunya pergerakan Ryo Matsumura yang akhirnya dilanggar oleh lawan.


Pada menit 15’ Ryo matsumura dijatuhkan di kotak penalti. Marko Simic yang menjadi eksekutor penalti tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Dengan mantap Simic menceploskan bola ke arah kiri gawang Bhayangkara. Skor 2-1 untuk Persija.


Pada menit 33’ Stadion Patriot Candrabhaga kembali bergumuruh. Berawal dari sayap kiri, Witan Sulaeman memberikan umpan silang kepada Simic yang berada di tengah kotak penalti. 


Setelah menerima bola dengan baik, Simic langsung memutar balik badan dan menendang bola dengan keras. Bola yang melaju dengan keras tak kuasa diselamatkan kiper lawan, Awan Setho. Skor 3-1 hingga peluit babak pertama dibunyikan.


Pada babak kedua, pelatih Persija Thomas Doll menurunkan beberapa pemain seperti Syahrian Abimanyu, Akbar Arjunsyah, Aji Kusuma, dan Muhammad Rayhan Hannan. 


Pada menit 73’ Persija kembali mencetak gol, lagi-lagi berawal dari umpan Witan namun dari sisi yang berbeda. Bola yang diumpan ke tiang jauh langsung disambar oleh Akbar Arjunsyah. Skor 4-1 untuk Persija.


Hingga tambahanan waktu tiga menit tidak ada gol tambahan. Laga pun berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan Persija.


Pada konferensi pers pascalaga, Thomas memuji bagaimana tim asuhannya bermain.


“Pada 15 menit pertama kami membuat kesalahan beberapa kali, garis pertahanan kami terlalu naik maka dari itu kami kejebolan lebih dulu,” ucap Thomas.


“Tapi para pemain memberikan reaksi yang luar biasa, mereka tidak gugup, membalas dengan gol indah, dan menurut saya kami mampu mencetak mencetak satu sampai dua gol lebih,” katanya lagi.


Thomas menyebutkan bahwa kemenangan ini menjadi modal yang bagus untuk Riko dkk. untuk menatap laga berikutnya.


“Ini menjadi kemenangan yang penting untuk kami. Dengan kemenangan ini kepercayaan diri menjadi meningkat dan langkah demi langkah permainan Persija yang sebenarnya akan muncul,” tutur Thomas.