REVIEW PERSIJA VS PERSEBAYA: KEMENANGAN PENTING UNTUK MACAN KEMAYORAN
REVIEW PERSIJA VS PERSEBAYA: KEMENANGAN PENTING UNTUK MACAN KEMAYORAN

Poin maksimal sukses diraih Persija Jakarta pada pekan kelima Liga 1 2023/2024. Menjamu tamu asal Surabaya, Persebaya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (30/7/2023) malam, Macan Kemayoran menang 1-0.


Sejak menit pertama Persija langsung mencoba menguasai ritme permainan. Pada menit 19’ ancaman pertama Persija datang lewat tendangan jarak jauh Firza Andika. Namun arah bolanya masih bisa ditepis kiper Persebaya, Andhika Ramadhani.


Lima menit berselang, Persebaya turut memberi ancaman. Berawal dari tendangan pojok Sho Yamamoto, sundulan yang dilakukan Paulo Victor masih melebar tipis ke kanan gawang.


Tim tamu mendapat pukulan telak pada menit 28’. Arief Catur Pamungkas mendapatkan kartu merah karena melanggar aksi Witan Sulaeman.


Unggul jumlah pemain, Persija tak mengendurkan tekanan. Puncaknya hadir pada menit ke-38. Dimulai dari Syahrian Abimanyu yang memberikan umpan kepada Witan Sulaeman dan dilanjutkan ke Ryo Matsumura.


Setelah sampai di ruang ideal untuk menembak, Ryo dengan tenang menempatkan bola di kiri bawah gawang. SUGBK pun bergemuruh, skor 1-0 untuk Persija.


Pada babak kedua dimulai, Persija terus mencoba menggempur pertahanan klub berjulukan Bajul Ijo itu. Pelatih Persija, Thomas Doll membuat pergantian pemain dengan maksud menambah gol.


Walaupun beberapa kesempatan muncul dari Aji Kusuma, Rayhan Hannan, dan Dony Tri Pamungkas. Laga sarat gengsi itu akhirnya tetap berakhir dengan skor 1-0.


Kemenangan yang diraih Persija membuat Thomas senang kendati pada babak kedua tim asuhannya bermain lebih buruk dari babak pertama.


“Babak pertama kami sangat bagus. Menguasai bola, mampu mengubah ritme, menciptakan kombinasi yang bagus, dan gol kami sangat luar biasa. Tapi untuk babak kedua, saya rasa kami harus banyak berbenah,” ucap Thomas.


Dengan kemenangan yang diraih, pelatih asal Jerman itu merasa tim asuhannya mendapat modal bagus untuk menatap laga selanjutnya.


“Ini adalah poin yang sangat penting untuk kami dan kepercayaan diri tim menjadi naik. Hal ini menjadi bekal yang bagus karena pada laga selanjutnya kami memiliki persiapan yang mepet untuk melawan PSS (4/8/2023),” kata Thomas.