REVIEW PERSIK VS PERSIJA: MACAN KEMAYORAN PUTUS TREN BURUK LEWAT KEMENANGAN DI KEDIRI
REVIEW PERSIK VS PERSIJA: MACAN KEMAYORAN PUTUS TREN BURUK LEWAT KEMENANGAN DI KEDIRI

Tiga poin akhirnya mampu diraih kembali oleh Persija setelah lima laga dilalui tanpa kemenangan. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Brawijaya, Kediri, Minggu (17/9/2023) malam, Macan Kemayoran unggul 2-1 atas tuan rumah.


Persija mendapat kesempatan pertama pada menit ketujuh lewat aksi Ryo Matsumura. Sayang sepakannya masih melebar. Pada menit 29’, Marko Simic mengalami cedera sehingga harus keluar lebih cepat dan digantikan Sandi Samosir.


Gol Persik datang pada menit 34’. Umpan panjang Renan Silva mampu dimanfaatkan Muhammad Khanafi untuk melewati Andritany Ardhiyasa. Pemain bernomor punggung 97 itu dengan mudah menceploskan gawang yang sudah kosong. Skor 1-0 untuk keunggulan Persik.


Persija coba terus mencari peluang untuk membalas gol Persik. Namun hingga peluit babak pertama dibunyikan kedudukan tetap 1-0.


Persija akhirnya mampu menyamakan kedudukan 1-1 pada menit 67’. Gol berawal dari umpan terobosan Ondrej Kudela. Firza Andika yang menerima umpan tersebut langsung menusuk ke dalam kotak penalti. Bukan memberikan umpan, Firza justru melepaskan tembakan dari sudut sempit ke gawang Persik. Bola yang terkena bek Persik membuat arahnya sedikit memantul sehingga tak mampu diselamatkan oleh kiper Persik. Skor imbang 1-1.


Tidak puas dengan hasil imbang, Thomas memasukkan Alfriyanto Nico dan Witan Sulaeman pada menit 73’ untuk menambah daya gedor tim.


Pergantian tersebut membuahkan hasil pada menit 90+3’. Persija mendapat penalti setelah Witan dilanggar oleh Yusuf Meilana.


Tepat pada menit 90+5’ Ondrej Kudela yang menjadi algojo sukses menempatkan bola ke arah kanan atas gawang. Skor berbalik 2-1.


Usai laga, pelatih Thomas Doll gembira dengan hasil yang diraih Andritany dkk.


“Tentu saya sangat senang, terlebih kami memenangkan laga pada menit akhir. Setelah melakukan perubahan di babak kedua, para pemain langsung menunjukkan gaya bermain yang berbeda,” ucap Thomas.


“Bukan permainan yang terbaik, tapi setiap pemain menunjukkan reaksi yang bagus. Mereka mencoba semua peluang. Dari sana mereka berhasil menciptakan gol pertama dan gol kedua dari penalti,” katanya lagi.


Pelatih asal Jerman itu yakin dengan kemenangan ini, tim asuhannya akan mendapatkan kepercayaan diri kembali untuk menatap laga berikutnya.


“Kepercayaan diri kembali setelah lima laga kami gagal meraih kemenangan. Hal ini yang diperlukan para pemain, memulai ulang semuanya,” tutur Thomas.