RYO MATSUMURA: MARI NIKMATI TEKANAN YANG ADA
RYO MATSUMURA: MARI NIKMATI TEKANAN YANG ADA

Ryo Matsumura menjadi pemain asing baru pertama yang didatangkan Persija Jakarta untuk menyambut Liga 1 2023/2024. Setelah diperkenalkan pada pekan lalu, kini dia sudah mulai ikut berlatih bersama Andritany Ardhiyasa cs.


Saat bertemu dengan awak media pada Rabu (31/5/2023) di Nirwana Park, Bojongsari, Ryo menceritakan beratnya program latihan yang dirancang pelatih Persija, Thomas Doll. 


“Hari ini latihan sangat berat. Tapi menurut saya ini penting di masa pramusim. Selain itu saya yakin latihan ini membuat saya lebih baik selangkah demi langkah. Saya yakin rekan-rekan satu tim berpikiran hal yang sama,” ujar Ryo.


Selain itu, selama pramusim berlangsung pemain yang pernah malang melintang di Liga 1 dan Liga 2 Thailand itu beropini bahwa pramusim menjadi momentum para pemain untuk mengerti satu sama lain.


“Bagi saya pramusim menjadi sebuah kunci penting bagi sebuah tim di mana kami harus banyak melakukan komunikasi antar pemain. Tentunya dengan komunikasi itu akan memudahkan kami untuk paham bagaimana kami bermain,” kata Ryo.


Gelandang serang asal Jepang itu pun paham bahwa sebagai pemain Persija bakal memberikan tekanan untuk selalu tampil maksimal. Melihat tekanan tersebut, mantan pemain Vissel Kobe ini justru lebih ingin menikmati tekanan yang didapatkan ketimbang menjadikannya sebuah beban.


“Saya rasa mari kita semua menikmati semua tekanan itu. Karena saya datang ke sini untuk menjadi juara. Salah satu alasan saya ke persija adalah membantu Persija meraih gelar juara semampu saya,” tutur Ryo.