SELAMAT HARI RAYA NYEPI TAHUN SAKA 1944
SELAMAT HARI RAYA NYEPI TAHUN SAKA 1944

Kamis, 3 Maret 2022, Persija meniadakan agenda latihan dalam rangka menghormati perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944. Namun, tentunya sudah ada bekal agar jeda satu hari tak mengganggu periodisasi program latihan.


Dua pemain muda Persija, Taufik Hidayat (21) dan Ilham Rio Fahmi (20), mengatakan bahwa mereka senang bisa merasakan perayaan Nyepi di Bali. Momen ini adalah pengalaman baru bagi keduanya.


“Ini adalah pengalaman baru bagi saya. Biasanya saat perayaan Hari raya Nyepi kami tidak di Bali. Saya pribadi antusias bisa merasakan Nyepi di Bali,” ucap Taufik.


Hal senada diungkapkan oleh Rio. “Saya baru merasakan Nyepi di Bali dan ini unik. Saya dapat pengalaman baru merasakan Nyepi di Bali,” ujarnya.


Taufik dan Rio pun memanfaatkan momen ini untuk beristirahat agar kebugaran tubuh makin fit dalam menyambut laga selanjutnya (6/3/2022).


“Saya memanfaatkan momen ini untuk beristirahat agar kondisi lebih fit lagi. Toh, kami tidak bisa beraktivitas seperti biasanya karena harus menghargai tradisi Hari Raya Nyepi,” kata Taufik.


Ia dan Rio sepakat pengalaman baru ini makin menumbuhkan rasa toleransi dalam kehidupan antarumat beragama. 


“Hikmahnya adalah makin menumbuhkan toleransi antarumat beragama. Itulah yang terpenting bagaimana kami harus menghargai perayaan-perayaan agama lain, khususnya dalam hal ini Hari Raya Nyepi,” tuturnya.


“Saya sebagai pendatang harus bisa mengikuti adat yang sudah dijalankan di Bali. Jadi hikmahnya itu makin belajar toleransi antarumat beragama,” ujar Rio.


Sementara itu, latihan akan kembali digeber pada Jumat (4/3/2022) sore. Persija mengincar poin maksimal di laga vs Bali United (6/3/2022).