SOLUSI PERSIJA PERANGI BARANG KW
SOLUSI PERSIJA PERANGI BARANG KW

Salah satu bisnis yang berkembang pesat di sepakbola adalah atribut sepakbola atau yang akrab disebut dengan merchandise. Besarnya animo suporter pada merchandise Persija Jakarta, membuat banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memproduksi merchandise tidak resmi Macan Kemayoran. 

Barang tidak resmi atau kerap disebut sebagai Barang KW banyak bertebaran di toko fisik maupun ecommerce dengan logo Persija Jakarta. Untuk memerangi Barang KW ini, Persija Jakarta menggandeng Firma Hukum TFR Lawyers. Meski sudah menggandeng firma hukum, Persija memastikan tidak akan langsung mengambil langkah-langkah hukum jika menemukan oknum pembuat barang-barang palsu tersebut. 

"Kami tidak langsung memprosesnya secara hukum, tapi kami akan berkomunikasi dengan mereka agar mereka dapat berbisnis secara sah dengan klub dan saling menguntungkan," ujar Ambono Janurianto, Direktur Utama Persija Jakarta.

Tidak Langsung Proses Hukum 

Dengan adanya komunikasi ini diharapkan para pembuat Barang KW ini akan memahami dan membuka wawasan bahwa bisnis dengan Persija Jakarta membawa keuntungan untuk semua pihak. "Kami akan ajak berunding dan tentu membuka komunikasi juga dengan pihak Apparel Juara sebagai pemegang lisensi produk Persija, agar prosesnya bisa berjalan dan saling menguntungkan," tambahnya. 

Istilah Barang KW berasal dari kata "Kwalitas" yang sebenarnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata yang benar adalah kualitas. Barang KW langsung berasosiasi dengan barang imitasi ataupun barang palsu yang sudah lama akrab ditelinga masyarakat Indonesia.


Cara yang diambil Persija Jakarta untuk memerangi Barang KW ini diharapkan menjadi solusi yang lebih efektif, mengingat isu pembajakan dengan menggunakan logo resmi sudah menjadi masalah lama dalam dunia bisnis. Banyak pemegang merek internasional mengakui bahwa dengan bermain keras dan menuntut secara legal, tidak langsung membuat oknum Barang KW jera. 

"Persija sebagai brand sudah terdaftar, jadi kami meminta semua pihak menggunakan Brand Persija Jakarta dengan bijak. Ayo kita berbisnis yang sah dan menguntungkan semua pihak. Kami dan Apparel Juara sangat terbuka untuk segala bentuk kerjasama," ungkap Ambono. 

Ayo berbisnis sah bersama Persija!