TENTANG ICHSAN KURNIAWAN
TENTANG ICHSAN KURNIAWAN

Ichsan Kurniawan menjadi pemain baru pertama yang diperkenalkan Persija dalam menyambut putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022. Ia berhasil didatangkan setelah manajemen AHHA PS Pati bersedia melepasnya.


Berikut beberapa fakta pemain berusia 25 tahun itu yang wajib kalian tahu:


Alumni Piala AFC U-19 2014

Ichsan merupakan bagian dari timnas U-19 era Indra Indra Sjafri. Ia menjadi satu dari 23 nama pemain yang ikut ke Piala AFC U-19 2014 bersama Evan Dimas dkk.


Masuk Proyeksi Piala AFF 2016

Ichsan tak hanya tercatat pernah berseragam timnas junior, ia pun sempat masuk proyeksi timnas Piala AFF 2016 saat usianya masih 20 tahun. Tapi, kesempatannya masuk ke skuad Piala AFF sirna karena dirinya mengalami cedera lutut. Nama Ichsan akhirnya dicoret oleh pelatih timnas, Alfred Riedl.




Gelandang Bertahan Modern

Ichsan sempat disebut-sebut sebagai gambaran gelandang bertahan modern. Pasalnya, tak hanya tangguh dalam meredam serangan lawan, tapi juga piawai dalam membangun serangan.


Jadi Anak Gawang di Gelora Sriwijaya

Sebelum menjadi pemain profesional seperti saat ini, Ichsan pernah merasakan “karier” sebagai anak gawang saat Sriwijaya FC bermain di Stadion Gelora Sriwijaya. Dari anak gawang, kemudian Ichsan tembus Sriwijaya U-21, Sriwijaya senior, hingga sempat berseragam timnas.


Pengidola Tony Sucipto

Beruntung bagi Ichsan bisa bergabung dengan Persija. Selain karena nama besar Persija, ia pun bisa berada satu tim dengan idolanya, Tony Sucipto.


Menurutnya, Cak Ton biasa Tony disapa, memiliki kedewasaan dalam bermain. “Kepemimpinannya, ketenanganya, dewasa, dan punya pengalaman banyak. Itu yang membuat Ichsan mengidolakan dia saat ini di Persija,” ucapnya.