THOMAS DOLL APRESIASI KINERJA SISTEM PERTAHANAN PERSIJA
THOMAS DOLL APRESIASI KINERJA SISTEM PERTAHANAN PERSIJA

Dalam 10 laga Liga 1 2022/2023, Persija Jakarta memulai tren positif sejak pekan ke dua. Macan Kemayoran belum terkalahkan hingga mampu berada di posisi ke lima dengan poin 21.


Tim asuhan Thomas Doll itu pun mempunyai catatan menarik lainnya, yaitu gawang yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa hanya kejebolan lima kali dalam 10 laga. Hanya ada Madura United yang mampu menyamai rapor rapor Persija itu.


Pelatih asal Jerman tersebut menilai para pemain sudah bekerja dengan baik sehingga sistem pertahanan bisa teroganisir dengan solid.


“Kebobolan lima gol dalam 10 laga berarti menandakan tim sudah bekerja dengan baik, solid, dan para pemain mampu bekerja sama dengan kompak,” ucap Thomas.


Jika dilihat dari instrumen bertahan dalam statistik, Ondrej Kudela dkk. memang tampik baik. Sebanyak 124 tekel, 211 intersep, dan 125 sapuan berhasil mereka lakukan sehingga gawang Persija minim noda. 


Di sisi lain, Thomas pun memberikan apresiasi penampilan Andritany Ardhiyasa sebagai kiper yang sukses membukukan lima kali clean sheet.


Catatan istimewa itu membuat Persija makin optimistis dapat menerus tren positif di laga selanjutnya, yaitu bertamu ke markas Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (2/9/2022) pukul 16.00 WIB. 


Thomas paham laga tersebut adalah ujian yang sulit. Sebab, Persib pun tengah memasuki grafik permainan yang apik, yaitu hattrick kemenangan dengan torehan sembilan gol.


“Untuk melawan Persib nanti kami sudah mengamati dan mempelajari semua pemain lawan. Semoga semua berjalan sesuai rencana,” ujar pelatih berusia 56 tahun itu.


Ayo Persija, jaga pertahanan tetap kukuh!