THOMAS DOLL: APRESIASI UNTUK WASIT JEPANG
THOMAS DOLL: APRESIASI UNTUK WASIT JEPANG

Pelatih Persija, Thomas Doll memuji kinerja wasit asal Jepang pada laga Pekan ke-23 antara Persija vs PSS Sleman di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (16/12/2023) malam. Bukan karena hadiah penalti, tapi ia menilai wasit Futoshi Nakamura mampu memimpin laga dengan baik. 


"Saya berbicara dengan wasit setelah pertandingan. Bukan karena dia memberikan penalti di menit akhir, tapi saya melihat kinerjanya sangat bagus," ujar Thomas usai laga. 


Lebih lanjut, pelatih berusia 57 tahun ini pun berharap bahwa hal ini dapat menjadi pelajaran bersama. "Tidak ada yang salah dari wasit Indonesia, namun saya melihat dia (Futoshi Nakamura) di laga sebelumnya. Ia sangat profesional dan selalu mampu mengendalikan permainan," kata eks pelatih APOEL Siprus itu menambahkan. 


Sebelumnya, Nakamura memimpin laga Persib Bandung vs Persik Kediri, Minggu (10/12/2023). Penalti pada laga Persija vs PSS Sleman adalah keputusan titik putih kedua yang diberikan Nakamura selama bertugas di BRI Liga 1 2023/2024. Keputusan wasit asal Saitama Jepang ini dinilai sudah sesuai dengan aturan. 


Dalam tayangan ulang dari beberapa sudut, jelas bahwa Marko Simic dilanggar Thales Lira di dalam kotak penalti pada tambahan waktu tiga menit.   


Pada laga itu, Persija mendapat empat kartu kuning, sedangkan PSS Sleman mendapat dua kartu kuning. Keempat kartu kuning bagi Macan Kemayoran diberikan untuk Oliver Bias (menit ke-17), Maciej Gajos (39’), Resky Fandi (78’), dan Sandi Samosir (90’). Sedangkan untuk Sleman diberikan kepada Elvis Kamsoba (48’) dan Bayu Setiawan (60’). 


Ada dua wasit asal Jepang yang ditunjuk PSSI untuk memimpin laga Liga 1. Selain Nakamura, Yusuke Aruki juga memimpin dua laga, Persita Tangerang vs Persikabo 1973 dan Persis Solo vs Dewa United.


Hal lain yang diapreasi oleh Thomas Doll adalah sikap dua wasit Jepang yang sering berkomunikasi dengan pemain. "Saya menyaksikannya memimpin laga Persib kontra Persik. Dia sangat profesional dan para pemain sangat menghormati dirinya karena ia berbicara dengan para pemain," ucap Doll.