THOMAS DOLL INGIN PEMAINNYA MENDOMINASI PENGUASAAN BOLA
THOMAS DOLL INGIN PEMAINNYA MENDOMINASI PENGUASAAN BOLA

Persija Jakarta akan bertemu Persik Kediri pada lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/12/2022) pukul 18.00 WIB.


Ondrej Kudela dkk. hanya memiliki jeda tiga hari bersih dari laga terakhir yang mereka lakoni, yaitu vs Borneo FC pada 6 Desember 2022. Dalam sistem bubble seperti sekarang membuat jeda antarpertandingan menjadi mepet, yaitu 3-4 hari.


Pelatih Persija, Thomas Doll mengungkapkan bahwa timnya harus beradaptasi dengan kondisi tersebut. 


“Sebetulnya untuk bermain dengan jadwal yang padat tidak masalah. Namun karena kondisinya sekarang kami sudah tidak bertanding di Liga selama 11 pekan, hal itu membuat keadaan lebih sulit,” ujar Thomas.


Berbicara dengan rotasi tim dalam jadwal yang padat, pelatih berkebangsaan Jerman itu pun harus lebih hati-hati dalam merotasi pemainnya.


“Kami harus berhati-hati dalam memilih pemain. Pemain seperti Nico (Saputro) dan Frengky (Missa) mungkin sudah mendapatkan menit bermain melawan Borneo, tapi untuk pemain lainnya harus menunggu di laga selanjutnya,” ucap mantan pelatih Hamburger SV itu.


Menurutnya dalam jadwal yang padat seperti ini, hal yang paling penting adalah proses pemulihannya.


“Pemain sepak bola profesional biasanya pasti tidak memiliki masalah untuk bermain dengan jeda 3-4 hari. Yang penting bagaimana proses pemulihan dilakukan,” kata Thomas lagi.


Selain itu, Thomas pun menginginkan timnya untuk banyak menguasai bola. Karena menurutnya dengan penguasaan bola yang tinggi, tim asuhannya tidak perlu banyak berlari.


“Kalau kami memiliki penguasaan bola lebih tinggi saat bermain, kami tidak perlu banyak berlarian di lapangan. Maka dari itu menurut saya bagus jika kami bisa lakukan hal tersebut. Jika mampu menguasai bola maka akan mengalir dengan mudah dari pemain ke pemain lainnya,” tuturnya lagi.