THOMAS DOLL TANGGAPI FORMAT CHAMPIONSHIP SERIES LIGA 1 2023/2024
THOMAS DOLL TANGGAPI FORMAT CHAMPIONSHIP SERIES LIGA 1 2023/2024

Liga 1 2023/2024 sudah berjalan selama dua pekan. Persija Jakarta dan 17 tim lainnya memiliki motivasi tinggi untuk menjadi yang teratas di klasemen, setidaknya menghuni empat besar lebih dulu.


Karena empat klub teratas di babak reguler akan melanjutkan kompetisi ke babak championship series pada 4-26 Mei 2024. 


Pelatih Persija, Thomas Doll berpendapat bahwa format Liga 1 musim ini adalah hal yang baru ia rasakan.


“Saat pertama kali mendengar mengenai format musim ini. Saya pikir ini akan bagus untuk para suporter dan penonton di rumah karena klub yang berada di empat besar akan berkompetisi dengan format championship series. Menurut saya ini akan bagus untuk fans karena mereka akan mendapat tontonan lebih banyak di musim ini,” ucap Thomas. 


Namun pelatih berkebangsaan Jerman itu pun memikirkan konsekuensi yang akan muncul dari format championship series.


“Kalau dipikirkan lagi bisa saja ada skenario di mana klub yang berada di posisi pertama unggul 15 poin dari klub urutan keempat di regular series. Lalu saat bertemu di format championship series, klub posisi pertama itu tereliminasi klub yang berada di posisi keempat ,” ujar Thomas.


“Jadi rasanya kerja keras untuk meraih posisi pertama dari 34 pertandingan jadi sedikit percuma. Karena jika mereka sudah mendapatkan posisi pertama berarti mereka layak jadi juara Liga 1. Menurut saya hal itu tidak akan menyenangkan bagi klub yang berada di posisi pertama. Tapi kita lihat saja nanti bagaimana format itu akan berjalan,” katanya lagi.


Thomas pun mengaku penasaran bagaimana nantinya format championship series itu akan berjalan setelah regular series.


“Jujur saya juga penasaran karena dengan format championship klub yang berada di empat besar memiliki kemungkinan untuk menjadi juara. Tapi bagaimana pun itu masih akan terjadi di tahun depan. Sekarang masih Juli, jadi kita lihat saja nanti,” ucap Thomas mengakhiri pembicaraan.