TIGA MACAN MUDA KEMBALI JAGA ASA TIDAK TERKALAHKAN DI PIALA DUNIA U-17
TIGA MACAN MUDA KEMBALI JAGA ASA TIDAK TERKALAHKAN DI PIALA DUNIA U-17

Setelah berhasil meraih satu angka di laga perdana Piala Dunia U-17, kini Garuda Muda kembali menjaga asa belum terkalahkan setelah bermain imbang 1-1 kontra Panama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (13/11/2023). Tiga punggawa Persija, Figo Dennis, Jehan Pahlevi dan Nabil Asyura turun bermain di laga itu. 

Figo Dennis dan Jehan Pahlevi kembali dipercaya sejak menit awal. Berhadapan dengan Panama yang sebelumnya pernah tampil dua kali di Piala Dunia U-17 2011 dan 2013, Garuda Muda dihadapkan pada lawan yang lebih militan ketimbang Ekuador. Kekalahan di laga perdana kontra Maroko 0-2, memaksa La Rojita tampil lebih menekan Indonesia. Wajar jika kemudian anak-anak asuhan Pelatih Bima Sakti kesulitan dalam mengembangkan permainan. 

Mental Garuda Muda benar-benar teruji ketika harus kebobolan lebih dulu lewat gol Oldemar Castillo di tambahan tiga menit babak pertama. Keputusan Bima Sakti untuk memainkan Nabil Asyura sejak awal babak kedua terbukti ampuh. Pada laga sebelumnya, Nabil baru dimainkan pada menit Ke-65 menggantikan Jehan Pahlevi. 

Perubahan komposisi membuat Garuda Muda tampil lebih agresif dan makin merepotkan lini belakang Panama. Hasilnya, gol penyama kedudukan dicetak oleh Arkhan Kaka melalui tandukkan di menit Ke-54 memanfaatkan umpan silang Welber Jardim. Nabil juga berperan untuk terus memberikan tekanan bagi La Rojita ketika di menit Ke-67 memberikan umpan terobosan pada Kaka, sayang tembakkan masih dapat diantisipasi Manuel Romero, penjaga gawang Panama yang tampil apik malam itu. 

Hasil akhir 1-1 mengulang seperti laga sebelumnya kontra Ekuador, ini artinya Garuda Muda mampu menjaga asa tidak kalah pada dua laga Piala Dunia U-17 meski harus berhadapan dengan negara-negara yang sudah pernah tampil di kejuaraan dunia kelompok umur ini sebelumnya. Untuk sementara, Figo Dennis dan kawan-kawan berada di peringkat ketiga klasemen Grup A. Masih ada satu laga fase grup terakhir kontra Maroko yang akan dimainkan pada 16 November 2023 nanti. 

Teruskan Perjuangan, Garuda Muda!

Indonesia: 1-Ikram Al Ghiffari, 7-Figo Dennis (6-Hanif Ramadhan 64'), 12-Welber Jardim, 14-Sulthan Zaky, 20-Habil Akbar (2-Rizdjar Nurviat 90+3), 21-Iqbal Gwijangge, 18-Jehan Pahlevi (16-Amar Brkic 45'), 11-Riski Afrisal, 10-Ji Da Bin 5-(Achmad Zidan 64'), 9-Kafiatur Rizky (17-Nabil Asyura 45'), 8-Arkhan Kaka. 

Foto : doc. LOC WCU17/FAL