UJIAN PERDANA PERSIJA ERA THOMAS DOLL
UJIAN PERDANA PERSIJA ERA THOMAS DOLL

Persija Jakarta akan melakoni pertandingan perdana Liga 1 2022/2023 melawan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu (23/7/2022), pukul 20.00 WIB. Pelatih Persija, Thomas Doll, menilai kondisi tim dalam level ideal jelang melawan tuan rumah sekaligus juara bertahan Liga 1 tersebut.


“Kami melakukan sesi latihan semiggu ini sebagai persiapan pertandingan melawan Bali United. Semoga kami dalan kondisi yang tepat untuk memulai Liga 1 karena kami telah melakukan persiapan yang panjang. Saya pikir semua sudah menunggu pembuktian di Liga 1 setelah delapan minggu lalu saya datang ke sini. Seperti yang kita tahu, tim ini sangat berbeda jauh. Tapi jika dilihat dari pertandingan terakhir melawan Rans Nusantara FC (16/7/2022) bisa dilihat bagaimana cara tim bermain, saya pikir tim sudah siap,” ucap Thomas dalam konferensi pers jelang laga.


Thomas pun mengungkapkan senang bisa melawan Bali United di partai pembuka liga. Alasannya karena ia dapat menguji kemampuan timnya sejak awal musim.


“Saya senang pertandingan pertama kami melawan Bali United, pemenang Liga 1 musim lalu. Permulaan yang sangat fantastis. Saya pun sudah melihat stadiumnya dan kondisinya sangat fantastis. Kami bisa bermain bola dengan baik di sana dan semoga kami bisa bertemu dengan fans di stadium,” ujarnya lagi.


Mantan pemain Lazio tersebut pun menjelaskan rekor pertandingan Persija yang hanya menang satu kali selama delapan pertemuan melawan Bali United bukan tolak ukur sebuah pertandingan.


“Saya bukan orang yang menyukai statistik, menurut saya itu adalah sekedar masa lalu. Sama seperti kehidupan, hal itu sudah tidak bisa diubah lagi. Lagipula ini pertandingan besok adalah pertandingan yang baru dan pemain yang baru. Menurut saya tidak terlalu penting memikirkan statistik. Tapi saya sangat menghormati Bali United karena mereka melakukan yang terbaik musim lalu, menjadi juara, 30 poin lebih dari Persija.


Kami berusaha agar Persija bisa kembali menjadi tim yang seharusnya, karena Persija merupakan tim besar. Kami berharap kami bisa memulainya dengan hasil yang fantastis. Kita akan lihat apakah hasil itu bisa mengubah statistik yang ada atau tidak,” tutur Thomas.




Pemain muda Persija, Frengky Deaner Missa, mengungkapkan persiapan dan kondisi para pemain dalam keadaan baik.


“Persiapan tim sudah sangat bagus dalam seminggu ini. Puji tuhan kondisi pemain juga dalam kondisi yang baik untuk pertandingan besok melawan tuan rumah. Tim siap memberikan yang terbaik,” katanya.


Di sisi lain pertandingan melawan Bali United merupakan pertandingan perdananya di Liga 1. ”Saya pemain muda, ini merupakan pertama kali saya tampil di Liga 1. Saya rasa dengan hadirnya penonton tidak akan membuat saya gugup. Saya siap untuk pertandingan besok,” ucapnya lagi.



Berikut daftar pemain yang akan melawan Bali United (23/7/2022):


Kiper: Andritany Ardhiyasa, Cahya Supriadi


Belakang: Frengky Deaner Missa, Ilham Rio Fahmi, Firza Andika, Ondrej Kudela, Maman Abdurahman, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanussa, Muhammad Ferarri


Gelandang: Syahrian Abimanyu, Resky Fandy, Hanif Sjahbandi, Tony Sucipto


Penyerang: Braif Fatari, Ginanjar Wahyu, Hanno Behrens, Riko Simanjuntak, Ricky Cawor, Michael Krmencik, Taufik Hidayat