UPDATE ASIAN GAMES : TRIO PERSIJA MENANTI REKOR BARU
UPDATE ASIAN GAMES : TRIO PERSIJA MENANTI REKOR BARU

Indonesia U-24 bersiap menatap laga fase knock-out berhadapan dengan salah satu kekuatan Asia Tengah, Uzbekistan, dalam lanjutan Asian Games 2022 di Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou, Kamis (28/9/2023), Kick Off 15.30 WIB. Persija tidak pernah meninggalkan tim nasional, hal ini terlihat dengan selalu hadirnya pemain Macan Kemayoran di setiap catatan langkah tertinggi di ajang bergengsi Asia empat tahun itu. 

Pencapaian tertinggi Merah-Putih untuk cabang sepak bola di Asian Games adalah hingga fase babak 16 besar. Catatan itu diraih pada Asian Games 2014 Incheon, 2018 Jakarta-Palembang serta 2022 saat ini di Hangzhou. 

Untuk ketiga kalinya, Garuda Muda mencoba untuk bisa menapakkan kaki di fase perempatfinal dengan berhadapan kontra Uzbekistan yang lolos dengan status juara Grup C setelah Suriah dan Afghanistan mengundurkan diri. Sementara Indonesia lolos berkat status sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik fase grup. 

Persija sendiri tidak pernah luput ambil bagian berkontribusi untuk Garuda Muda di fase 16 besar sejak 2014.  Pada edisi 2014 dibawah kepemimpinan Pelatih Aji Santoso, Macan Kemayoran menyumbangkan Andritany Ardhiyasa, Dany Saputra dan Ramdani Lestaluhu dimana ketiganya diplot sebagai starter. Sayang sekali, langkah Indonesia kala itu terhenti 1-4 di 16 besar oleh Korea Utara yang juga sukses melenggang ke final. 

Empat tahun kemudian saat Indonesia berperan sebagai tuan rumah, Persija kembali diwakili oleh Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanusa. Hasil akhir tidak berpihak pada anak-anak asuhan Pelatih Luis Milla yang harus mengakui ketangguhan Uni Emirat Arab melalui drama adu penalti 3-4 setelah bermain dengan skor imbang 2-2 selama 90 menit. Kala itu Garuda Muda harus kembali gagal melewati babak 16 besar. 

Kini momentum itu kembali hadir, Indonesia punya kesempatan memperbaiki catatan penampilannya dengan hadirnya tiga punggawa Persija, Rizky Ridho, Syahrian Abimanyu serta Dony Tri Pamungkas. 

Berbicara Uzbekistan, kekuatan mereka memang akan menjadi batu karang yang sulit untuk bisa dilewati. Namun bukan tidak mungkin, Rizky Ridho dan kawan-kawan mampu melewatinya. 

Salah satu motivasinya adalah ketika Indonesia mampu menahan imbang Uzbekistan 0-0 di Piala Asia U-20 2023 lalu. Meski belum mampu lolos dari fase grup, setidaknya Indonesia U-20 mampu tampil tidak mengecewakan karena mampu mencuri satu angka dari Uzbekistan yang kala itu keluar sebagai juara di kandang sendiri.

Dan menariknya, ada nama Dony Tri Pamungkas diantara skuad Indonesia U-20 itu. "Meski tidak akan mudah, ini kesempatan baik bagi Indonesia untuk melangkah lebih jauh di Asian Games," ungkap Dony Tri.

Ayo Macan, lanjutkan perjuangan!

Foto : NOC Indonesia