VENNARD HUTABARAT MENGANALISA PERFORMA PERSIJA DI AWAL LIGA 1 2023/2024
VENNARD HUTABARAT MENGANALISA PERFORMA PERSIJA DI AWAL LIGA 1 2023/2024

Seluruh elemen di Persija Jakarta paham bahwa saat ini tim besutan Thomas Doll tengah memasuki periode negatif. Lima laga terakhir dilewati tanpa satu kemenangan pun. 


Rentetan hasil buruk itu dimulai saat Persija tidak mampu meraih kemenangan saat menjamu Borneo FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi (9/8/2023). Kala itu laga berakhir dengan skor 1-1.


Setelah itu kalah 0-2 dari Madura United (13/8/2023) di laga tandang, imbang 2-2 dengan Arema FC di Patriot (20/8/2023), kalah 0-2 dari Dewa United di Tangerang (25/8/2023), dan terakhir bermain imbang 1-1 saat menerima lawatan Persib (2/9/2023).




Mantan pemain Persija di era 1990-an, Vennard Hutabarat, memberikan komentar soal performa Persija di musim ini.


“Cara bermain Persija musim ini sedikit berbeda dari musim lalu. Perekrutan pemain baru masih harus menyesuaikan dengan strategi Thomas Doll. Ada yang cepat ada yang lambat. Banyak masalah yang membuat Persija tak begitu bagus di awal musim ini,” tutur Veve, sapaan akrab Vennard.


Veve secara khusus membahas soal kegagalan Persija meraih kemenangan karena adanya kartu merah yang didapat pemainnya. Saat melawan Arema sejatinya Tim Ibu Kota sudah unggul 2-1. Namun karena kalah jumlah pemain sejak menit ke-51 (kartu merah Firza Andika), gawang Andritany Ardhiyasa kebobolan pada menit ke-88 dan laga berakhir 2-2.


Ketika menghadapi Persib pun serupa. Kala sudah unggul 1-0 akhirnya disamakan pada menit 85’. Sebab, sejak menit ke-74 Persija sudah bermain dengan 10 pemain (kartu merah Hanif Sjahbandi).


“Masalah kedua adalah tidak disiplinnya pemain dalam menjaga kemenangan Persija. Kesalahan yang dilakukan jangan diulangi lagi (kartu merah saat unggul). Pemain lawan pintar saat tidak bisa mencetak gol maka yang dipancing emosi. Hal yang tidak penting menurut saya,” kata Veve.


“Akhirnya Persija dalam lima match terakhir ini tiga kali imbang dan dua kali kalah. Hanya dapat tiga poin. Sekarang terdampar di posisi yang seharusnya tidak berada di sana (peringkat ke-12),” ucapnya melanjutkan.


Ke depannya, jebolan kompetisi internal Persija itu optimostis bahwa Persija akan mendapatkan kesempatan untuk bangkit. 


Amin. Mohon doa dan dukungannya Bung Veve!