WAWANCARA EKSKLUSIF RIZKI RIDHO: PERSIJA ITU TIM BESAR, JADI TARGETNYA PUN HARUS BESAR
WAWANCARA EKSKLUSIF RIZKI RIDHO: PERSIJA ITU TIM BESAR, JADI TARGETNYA PUN HARUS BESAR

Rizky Ridho Ramadhani menjadi pemain kedua yang direkrut Persija menjelang Liga 1 2023/2024. Bek berusia 21 tahun itu akan menambah kekukuhan lini pertahanan Tim Ibu Kota.


Setelah resmi menandatangani kontrak dengan durasi tiga tahun, Ridho bercerita panjang lebar mengenai perjalanan kariernya, proses bergabungnya ke Persija, pengalaman Piala AFF 2020, hingga targetnya bersama Persija. Berikut petikan wawancara Rizky Ridho:


Bisa ceritakan perjalanan Ridho di sepak bola?

Saya sejak kelas dua SD sudah mengikuti SSB di Surabaya. Waktu itu nama SSB-nya Simo Putra. Waktu kecil saya sudah sering pindah-pindah tim. Paling lama di Sidoarjo dengan SSB PSM Masangan. Setelahnya sekitar 2018 saya memutuskan untuk bergabung dengan tim internal Persebaya, El Faza.

Lalu setelah itu saya ikut seleksi tim Persebaya pada 2019. Alhamdulillah saya lolos, tahun pertama bersama Persebaya saya dapat panggilan Timnas. Alhamdulillah saya pun lolos. Berikutnya saya bermain untuk Persebaya U-20 dan berhasil membawa Persebaya juara. Setelah berhasil membawa Persebaya saya promosi ke tim senior dan berhasil menjuarai Piala Gubernur Jatim 2020. Sekarang saya pindah ke Persija.


Dari awal bermain bola langsung bermain sebagai bek?

Dulu saya sering bermain sebagai striker, terus saya dimarahi pelatih karena terlalu sering di depan karena memang dulu belum ada aturan offside. Setelah itu saya diminta coba untuk bermain di posisi bek dan alhamdulillah cocok.


Bagaimana perasaannya pindah ke Persija Jakarta?

Perasaan saya sangat senang untuk bergabung dengan Persija. Semoga saya bisa berkontribusi dengan baik.


Apa yang membuat Ridho memutuskan bergabung dengan Persija?

Salah satunya restu dari orang tua, ketika saya dapat tawaran dari Persija saya langsung konsultasi ke mereka dan orang tua saya meridhoi. Jadi saya langsung membuat keputusan setelahnya.


Proses bergabungnya dengan Persija seperti apa?

Berawal dari agen saya Dusan Bogdanovic, dia bilang ada tawaran dari Persija. Saya lihat penawarannya dan setelah konsultasi dengan orang tua. Saya langsung membulatkan tekad.


Bergabungnya Ridho ke Persija apakah karena ada Thomas Doll?

Iya itu salah satunya karena saya ingin mendapatkan ilmu lebih dan bisa bermain sepak bola secara lebih baik.


Target pribadi di Persija?

Semoga bersama Persija saya bisa menampilkan yang terbaik dan bisa membantu Persija menjadi juara Liga 1 dan berprestasi di kancah Asia.


Punya pemain idola di Persija?

Hansamu Yama. Dari dulu saya suka melihat cara bermain Mas Yama.


Sudah ada rencana nomor punggung di Persija?

Saat ini belum. Mungkin nomor 74, karena itu tahun kelahiran Ibu saya atau mungkin nomor lain akan saya pikirkan nanti


Bagaimana tanggapan keluarga, setelah mengetahui Ridho sudah resmi pindah ke Persija?

Keluarga memberi saran kepada saya untuk bersyukur saya bisa bergabung dengan Persija. Tentu pasti akan ada hambatan, tidak mungkin karier akan semulus itu. Yang penting fokus dan niat kerja karena Allah


Bagaimana reaksi rekan satu tim di timnas yang bermain di Persija setelah mereka tahu Ridho pindah ke Persija?

Mereka sering bercanda saja, karena sebelumnya mereka sudah dengar rumor saya akan pindah ke Persija. Pastinya mereka sangat menerima kedatangan saya.


Bagaimana Ridho melihat Persija yang sekarang?

Mereka bermain sangat bagus. Pertahanan Persija juga merupakan yang terbaik musim ini. Mereka jarang kebobolan. Pelatih pun terlihat sangat baik, jadi saya ingin dilatih oleh Thomas Doll.


Di usia 21 tahun Ridho sudah memiliki pengalaman bermain di AFF level senior tahun 2020. Pelajaran apa yang bisa dibawa ke Persija?

Mungkin dari pengalaman bermain karena sampai saat ini pun saya masih tahap belajar dari semua senior saya.


Bagaimana tanggapan Ridho dengan harapan Jakmania untuk para pemain Persija?

Saya harus bermain dengan hati dan harus selalu memberikan penampilan yang terbaik. Karena Persija juga tim besar maka target pasti juga besar. Semoga semuanya akan berjalan dengan baik.


Untuk musim depan bagaimana melihat peta kekuatan tim Liga 1 karena musim ini tidak ada degradasi. Jadi kemungkinan antar tim sudah paham satu sama lain.

Mungkin musim depan akan lebih kompetitif karena bisa saja ada regulasi baru dan pemain baru. Saya pikir musim depan akan sangat menantang.


Ada pesan untuk Jakmania?

Selalu support Persija. Semoga Persija semakin sukses kedepannya.