REVIEW PERSIS VS PERSIJA: HARUS LEBIH EFEKTIF UNTUK CETAK GOL
REVIEW PERSIS VS PERSIJA: HARUS LEBIH EFEKTIF UNTUK CETAK GOL

Persija Jakarta harus menelan hasil pahit kala melawan tuan rumah Persis Solo pada pekan ke-19 Liga 1 2022/2023. Laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (19/1/2023) sore itu berakhir dengan skor 0-1.


Pada menit keempat, Persis langsung memberikan ancaman lewat Alexis Nahuel Messidoro. Tapi, situasi satu lawan satu berhasil digagalkan oleh kiper sekaligus kapten Persija, Andritany Ardhiyasa.


Tak mau berdiam diri, Persija memberikan ancaman balasan pada menit 11’. Umpan terobosan Ondrej Kudela dari lini belakang langsung disambut Michael Krmencik. Namun tendangan bomber asal Republik Ceko itu masih melambung ke atas mistar gawang.


Persija pun terus memberikan tekanan. Pada menit 16’ Krmencik kembali membuat peluang yang berawal dari umpan melengkung Syahrian Abimanyu. Usai menerima bola, Krmencik bergerak ke sisi kiri gawang lawan dan melepaskan tendangan keras mendatar. Namun sayang masih bisa ditepis oleh kiper Persis, Muhammad Riyandi.


Selain Krmencik, Persija terus mengancam gawang melalui sisi kiri lapangan lewat aksi Alfriyanto Nico Saputro dan Firza Andika.


Asyik menyerang, Persija justru dikejutkan dengan gol serangan balasan Persis pada menit ke-38. Serangan balik yang dimulai dari kanan lapangan Persija dimaksimalkan oleh bek kiri Persis, Abduh Lestaluhu untuk memberikan umpan silang. Samsul Arif yang menerika bola itu mampu memanfaatkan kesemopatan tersebut dengan tenang sebelum akhirnya melepaskan sepakan kaki kiri yang berujung gol. 


Pada babak kedua, Persija memasukkan Dandi Maulana, Dony Tri Pamungkas, Ginanjar Wahyu Ramadhani dan Aji Kusuma. Efeknya Macan Kemayoran makin agresif.


Namun sayang semua peluang yang dimiliki Persija tidak ada yang bisa dimaksimalkan menjadi gol. Skor bertahan 0-1 hingga peluit akhir dibunyikan.



Pelatih Persija, Thomas Doll mengatakan bahwa menciptakan peluang saja tidak cukup untuk membuat Persija memenangkan sebuah laga. Total 24 tembakan dengan delapan di antaranya mengarah ke gawang lawan tak cukup untuk menceploskan bola ke gawang tim lawan.


“Pertama-tama selamat untuk Persis Solo sudah mendapatkan tiga poin. Saya tidak mau banyak bicara terhadap jalannya pertandingan, tapi jika ingin menang kami harus mencetak gol,” ucap Thomas dalam konferensi pers pascalaga.


“Dalam laga ini kami mendapatkan banyak sekali peluang. Namun kami tidak bisa mencetak gol sama sekali. Maka kami tidak layak memenangkan laga ini,” katanya lagi.


Terus berbenah Can!


Formasi Persija (3-4-2-1): 26-Andritany Ardhiyasa; 17-Ondrej Kúdela, 23-Hansamu Yama (55-Dandi Maulana 59’), 41-Muhammad Ferarri; 2-Rio Fahmi (57-Ginanjar Wahyu 59’), 24-Resky Fandi, 8-Syahrian Abimanyu (77-Dony Tri Pamungkas 59’), 11-Firza Andika (46-Osvaldo Haay 86’); 25-Riko Simanjuntak, 21-Alfiryanto Nico (99-Aji Kusuma 65’); 27-Michael Krmenčík