PERSIJA JADI KLUB LIGA 1 DENGAN INTERAKSI DAN PRODUKTIVITAS TERTINGGI DI INSTAGRAM TAHUN 2020
PERSIJA JADI KLUB LIGA 1 DENGAN INTERAKSI DAN PRODUKTIVITAS TERTINGGI DI INSTAGRAM TAHUN 2020
Tahun 2020 memang tidak banyak aktivitas pertandingan yang dijalani oleh Persija Jakarta. Baru 3 pekan berjalan, kompetisi Liga 1 2020 harus terhenti lantaran adanya pandemi. Bahkan hingga kini para penggiat di dunia sepak bola Indonesia sudah berupaya keras untuk bisa menggulirkan kompetisi, tapi semua terbentur dengan adanya izin dari kepolisian. Tidak adanya kompetisi berimbas dengan kegiatan tim utama yang hingga kini masih diliburkan. Namun, di balik itu semua ada yang tetap bekerja intens tanpa henti di tengah kejelasan Liga 1 yang tidak pasti. Mereka adalah tim media klub. Mereka tetap memanjakan para pecinta sepak bola dengan sajian konten yang menarik dan variatif setiap harinya. Bahkan di hari liburpun, para pembuat konten dari tim media setiap klub tetap berjalan dengan unggahan-unggahan semenarik mungkin di semua platform media sosial yang ada. Menariknya, dari statistik yang dihimpun, akun instagram Persija mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari suporter di dunia maya. Seperti dihimpun dari penggiat komunikasi olahraga, Gerry Maulana Thiar, yang melakukan penelitian perihal aktivitas klub di media sosial, yang bersumber dari Koran Jawapos, mengatakan instagram Persija per tahun 2020 menempati urutan pertama dalam sisi interaksi seluruh klub Liga 1. Maksudnya pernyataan di atas adalah instagram Persija jadi klub yang paling banyak dari interaksi serta engagement dibanding klub lainnya di Indonesia. Walaupun interaksi dan engagement yang paling tinggi di Indonesia, menariknya jika dilihat dari sisi pertumbuhan dan jumlah follower, Macan Kemayoran memang masih di bawah Persib. Selisihnya bahkan cukup jauh dengan 4,4 juta untuk Persib berbanding 2,7 juta untuk Persija. Namun, di balik selisih jumlah follower sekitar 1,7 juta itu, secara interaksi justru Persija jauh lebih unggul dengan perbandingan 123,58 juta melawan 89,61 juta. Tidak hanya itu, Persija juga menjadi nomor satu dalam hal klub paling produktif dalam sisi konten pada tahun 2020. Total post yang diunggah Persija per tahun 2020 sebanyak 1.694 post. Kembali Persija menggungguli Persib diurutan kedua dengan 1.498 post. Tim Media Persija sendiri memang memberikan variasi dalam postingannya setiap harinya. Mulai dari kegiatan pemain, interview, flashback moment, hingga game interaktif. Namun, inti dari itu semua, tujuan utama dari media sosial yang ada di Persija tentu untuk dijadikan sebagai sumber informasi utama tentang klub kebanggaan warga Jakarta tersebut.