Bertandang ke Singapura, Teco Tak Khawatirkan Main di Rumput Sintetis

AFC 2018

Jakarta – Persija Jakarta akan mengalami sedikit kesulitan saat bertandang ke markas Tampines Rovers dalam laga pamungkas penyisihan Grup H Piala AFC 2018 pada Selasa (24/4/18) mendatang di Stadion Jalan Besar, Singapura. Pasalnya, Persija akan bermain di atas rumput sintetis.

Seperti yang diketahui, tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut jarang bermain di stadion yang menggunakan rumput sintetis. Mengingat, kebanyakan stadion yang dimiliki klub Liga 1 Indonesia tidak menggunakan lapangan sintetis.

Pelatih Stefano Cugurra sempat mempertanyakan kenapa dua tim Singapura yakni Home United dan Tampines menggunakan Stadion Jalan Besar, Singapura dimana ada stadion lain yang berjenis rumput biasa.

“Saya tidak tahu kenapa dua tim Singapura pilih Stadion Jalan besar untuk homebase mereka padahal disana ada Stadion Nasional yang bukan lapangan artifisial,” ujar Stefano Cugurra Teco.

Namun pelatih asal Brasil ini mengaku bahwa tidak mempermasalahkan lapangan sintetis pada laga pamungkas penyisihan Grup H Piala AFC. Dirinya optimistis bahwa Persija bisa beradaptasi dengan cepat di atas rumput sintetis.

“Kami memang tidak akan beradaptasi dengan lapangan seperti ini dengan menggelar di lapangan sintetis. Apalagi kami tidak punya banyak waktu. Selain itu lapangan jenis seperti itu akan menyulitkan pemain sehingga mereka akan kelelahan tentunya beresiko. Saat ini yang terpenting tetap fokus dan memberikan semua yang kita miliki,” tutupnya.

Valentino Telaubun: Kemenangan Atas PSIS Bukan Kemenangan Yang Mudah

Liga 1 2018

Bantul – Bek kiri Persija, Valentino Telaubun sangat senang dengan pencapaian tim Macan Kemayoran soret tadi. Selain skuat asuhan Stefano Cugurra Teco menang 4-1 atas PSIS Semarang pada pekan kelima Gojek Liga 1 2018, pemilik nomor punggung 21 ini juga dipercaya bermain selama 90 menit.

Ia juga mengaku bersyukur kepada Tuhan karena anugerahnya timnya bisa memetik kemenangan tandang untuk pertama kalinya di musim ini. Ia juga mengungkapkan salah satu kunci sukses timnya berkat menjalani intruksi pelatih Teco dengan baik.

“Saya berterimakasih kepada Tuhan karena bantu Tuhan Persija bisa menang. Saya sebagai pemain menilai salah satu kuncinya karena mendengarkan intruksi pelatih dengan baik,” buka Valentino.

Lebih lanjut pemain asal Tual ini menyebut kemenangan tim Macan Kemayoran itu diraih bukan dengan mudah. Pasalnya, beberapa serangan yang dilancarkan tim Mahesa Jenar pun sempat merepotkan timnya. Terutama di babak pertama.

“Memang babak pertama kami dibawah tekanan namun babak kedua kami bangkit dan bisa banyak mencetak gol. Kemenangan ini tentunya bisa mendongkrak posisi Persija di tabel klasemen sementara,” tutupnya.

Kemenangan Atas PSIS Jadi Modal Bagus Untuk Hadapi Tampines Rovers

AFC 2018

Bantul – Persija Jakarta meraih kemenangan telak 4-1 atas PSIS Semarang dalam lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Jumat (20/4/2018).

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra menyebutkan kemenangan ini sebagai modal bagus untuk timnya saat menjalani laga pamungkas AFC Cup melawan Tampines Rovers, Selasa (24/4/2018).

Gol-gol Persija diciptakan Jaimerson Xavier, Rico Simanjuntak, Marko Simic, dan Ramdhani Lestaluhu. Sementara PSIS mendapat gol, hiburan lewat sundulan Melicor Majefat.

Tentunya Teco menilai kemenangan ini membuat rasa percaya diri timnya semakin bertambah saat menghadapi wakil Singapura tersebut di AFC Cup. Apalagi tim berjuluk Kemayoran butuh kemenangan guna lolos ke fase selanjutnya sebagai juara Grup H.

“Hasil ini membuat tim semakin percaya diri dan punya semangat yang penuh. Memang kami punya waktu yang sedikit untuk recovery tapi karena menang tiga laga berturut-turut membuat kami optimis bisa menang sekaligus untuk lolos ke fase selanjutnya,” ujar Teco.

Rencananya tim langsung bertolak ke Jakarta Jumat (20/4) malam dan langsung melakukan sesi latihan di Lapangan PS AU TNI AU, Halim, Jakarta untuk persiapan melawan Tampines Rovers Selasa (20/4) mendatang. Teco juga optimistis timnya akan siap menghadapi Si Kijang dalam laga penentuan tersebut.

“Waktu kami hanya sedikit tapi tim pelatih akan membuat program recovery yang baik untuk pemain siap lawan Tampines. Pemain juga harus istirahat yang benar,” tutup Teco.

Perubahan di Babak Kedua Jadi Kunci Kemenangan Persija

Liga 1 2018

Bantul – Persija Jakarta berhasil mengantongi hasil sempurna kala melakoni pekan kelima Gojek Liga 1. Bertamu ke markas PSIS Semarang, di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Jumat (20/4/2018). Awak “Macan Kemayoran” berhasil menang dengan skor 4-1.

Gol-gol Persija diciptakan Jaimerson Xavier, Rico Simanjuntak, Marko Simic, dan Ramdhani Lestaluhu. Sementara PSIS mendapat gol, hiburan lewat sundulan Melicor Majefat.

Usai pertandingan, pelatih Persija, Stefano “Teco” Cugurra, tak segan mengapresiasi perjuangan anak asuhnya yang bermain apik sepanjang laga.

“Hari ini saya apresiasi anak-anak karena punya konsentrasi di belakang lalu di depan kita bisa cetak banyak gol. Tentunya ini buah dari semangat dan konsentrasi di latihan,” ujar Teco.

Lebih lanjut pelatih asal Brasil ini menegaskan kemenangan diraih timnya lantaran kedisiplinan lini belakang justru menjadi kunci kemenangan timnya.

Selain itu juga perubahan strategi yang dilakukan di babak kedua dimana masuknya tiga pemain yakni Ramdani Lestaluhu, Addison Alves, dan Sandi Sute sukses mengubah jalannya laga yang di babak pertama sempat direpotkan oleh tim Mahesa Jenar.

“Babak pertama saya bilang kami tidak bermain jelek buktinya tidak kebobolan. Namun di babak kedua saya katakan pada pemain, jika pertahanan bagus pasti saat giliran menyerang akan berbuah gol. Itu berhasil dijalankan para pemain,”

“Tak hanya itu masuknya pemain cadangan yakni Ramdani, Addison dan Sute dimana ketiganya mengubah jalannya pertandingan,” tutupnya.

Persija Catatkan Kemenangan Tandang Pertama di Liga 1

Liga 1 2018

Bantul – Persija Jakarta sukses meraih kemenangan tandang pertama di Gojek Liga 1 usai berhasil mengalahkan PSIS Semarang dengan skor 4-1 dalam pekan kelima di Stadion Agung Bantul, Jumat (20/4). Kemenangan ini membuat Persija menjadi pemuncak klasemen sementara dengan poin 10.

Meski berstatus tim tamu, Persija mengambil inisiatif di babak pertama. Namun sisi penyerangan Persija masih kesulitan untuk menembus gawang PSIS.

Peluang terbaik terjadi di pertengahan babak pertama melalui Marko Simic. Namun bomber asal Kroasia ini tendangan kirinya masih mengarah ke pelukan Aji Bayu. Padahal jika tenang sedikit Simic bisa memberikan umpan kepada Riko Simanjuntak.

Tekanan kembali dilakukan Persija pada menit ke 35. Kali ini giliran Fitra Ridwan yang mencoba melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Sayang bola masih melenceng di sudut kanan gawang PSIS.

Sejatinya di akhir babak pertama bisa saja unggul jika Marko Simic bisa lebih tenang dalam mengeksekusi peluang. Setelah sukses melewati satu pemain belakang sebelum melepaskan tembakan keras.

Sayangnya bola masih diblok oleh Aji Bayu yang memang tampil gemilang. Skor imbang tanpa gol jadi hasil akhir di babak pertama.

Di babak kedua, Persija menambah daya gedor dengan memasukkan Ramdani. Alhasil sang gelandang menciptakan peluang sayangnya tendangan melenceng.

Kembali peluang didapatkan Persija pada menit ke 57. Sayangnya tendangan first timenya masih dihentikan Bayu melalui kepalanya.

Gawang Aji akhirnya bisa ditembus pada menit ke 70 melalui Jaime.Sundulan Jaime memanfaatkan umpan tendangan bebas Riko sukses membobol gawang Aji.

Persija menggandakan skor menjadi 2-0 dimana Safrudin Tahar salah mengantisipasi bola Riko dan masuk ke gawang sendiri

Kembali Persija sukses menjebol gawang PSIS pada menit ke 85. Kali ini giliran Marko Simic yang mencetak gol.

Persija tidak puas dengan keunggulan 3-0 mereka menambah keunggulan di masa injury time melalui Ramdani Lestaluhu. Dani sukses memanfaatkan umpan cut back dan akhirnya membobol gawang Bayu melalui sundulan kepalanya.

Sayangnya Persija lengah di menit-menit akhir dan mampu dimanfaatkan oleh PSIS untuk menciptakan gol pengecil kedudukan lewat sundulan Malcior Majefat. Skor 4-1 akhirnya menyudahi laga ini.

Jaimerson Ingatkan Bukan Bruno Silva Saja di PSIS

Liga 1 2018

Bantul – Jaimerson da Silva bertekad ingin meraih tiga poin tandang perdana musim ini saat bertamu ke markas PSIS Semarang di Stadion Agung Bantul, Jumat (20/4/2018) dalam laga pekan kelima kompetisi Go-Jek Liga 1 2018.

Pemain berposisi di bek tengah ini mengaku sudah memiliki gambaran tentang permainan tim berjuluk Mahesa Jenar. Salah satu yang jadi perhatiannya adalah Bruno Silva. Ia menilai Bruno Silva akan sangat berbahaya bila diberikan ruang untuk melakukan serangan.

Menurutnya jika itu dilakukan praktis akan jadi sinyal bahaya bagi lini belakang Persija. Hal itu terlihat seperti saat laga PSIS kontra PSMS Medan dimana Bruno Silva sukses mencetak tiga gol.  Apalagi gol-golnya terjadi karena bek lawan selalu memberikan ruang kepada Bruno.

“Bruno pemain bagus dan harus hati-hati saat jaga dia. Intinya tidak boleh memberikan ruang sedikitpun,” ujar Jaime.

Akan tetapi bek bernomor punggung lima ini juga tidak mau terpaku hanya Bruno Silva seorang. Mengingat pemain PSIS Semarang juga memiliki potensi merepotkan.

“Namun kita juga tidak boleh lupa dengan pemain lain mengingat rekan rekan Persija juga sudah memberitahu saya ada striker lokal PSIS juga bagus. Intinya semua pemain PSIS bagus tapi saya sudah siap,” tambahnya.

Laga ini juga bagi bek asal Brasil ini akan jadi ajang reuni dengan Bruno Silva. Mengingat keduanya pernah bermain di Portuguesa yang merupakan klub Brasil

PREVIEW PSIS Semarang vs Persija Jakarta: Momentum Perbaiki Rekor Tandang

Liga 1 2018

Bantul – Persija Jakarta akan kembali bertempur di Gojek Liga 1 2018. Kali ini, Macan Kemayoran bertandang ke Bantul untuk meladeni PSIS Semarang di Stadion Agung, Bantul, Jumat (20/4/2018). Laga pekan kelima ini tentunya wajib dimenangkan demi bisa menjaga persaingan di papan atas klasemen sementara.

Pelatih kepala Persija, Stefano Cugurra mengatakan bila laga besok sore cukup penting untuk timnya. Dirinya pun menegaskan para pemain Persija telah siap mempersembahkan poin absolut di laga besok. Sekaligus memutus rekor belum pernah sekalipun meraih kemenangan di laga tandang.

Patut diketahui rekor tandang tim ibu kota di Gojek Liga 1 hingga pekan kelima tidak terlalu bagus yakni satu kali imbang, dan sekali menelan kekalahan.

“Setelah menang beruntun kami punya waktu sehari istirahat, lalu setelah itu kita konsentrasi di latihan dengan menggelar latihan fisik, teknik, serta taktik. Sekali lagi semua pemain yang dibawa ke Bantul sudah siap menghadapi pertandingan besok,” ujar Teco.

Laga besok sore tentunya akan menjadi momentum bagi tim Macan Kemayoran untuk memperbaiki rekor tandang mereka musim ini. Apalagi mereka punya modal apik meraih hal itu setelah dari dua laga terakhir saat jumpa Johor Darul Ta’zim dan Borneo FC, Marko Simic dkk selalu meraih kemenangan. Momentum ini tentunya sangat bagus untuk bisa meraih poin penuh di kandang lawan.

“Motivasi kami berlipat setelah meraih dua kemenangan saat jumpa Johor Darul Ta’zim dan Borneo FC. Apalagi disana kami tidak kebobolan dan semua lini baik belakang, tengah, dan depan juga bantu cetak gol. Tentunya secara mental kami cukup baik untuk laga esok,” tambahnya.

Namu sekali lagi, pelatih asal Brasil enggan meremehkan Mahesa Jenar. Teco menilai PSIS bisa saja merepotkan timnya jika timnya tidak waspada.

“PSIS punya sejarah bagus pernah juara dan memiliki suporter yang fanatik. Apalagi di Liga 1 musim ini PSIS kerja keras di setiap pertandingan. Untuk itu, saya tekankan kepada pemain untuk fokus dan tampil disiplin,” ujar Teco.

Valentino Telaubun Berharap Mendapatkan Kesempatan Saat Jumpa PSIS

Liga 1 2018

Jakarta – Hanya tampil sebagai pemain pengganti saat Persija Jakarta ditahan imbang Bhayangkara FC pada laga perdana Gojek Liga 1 2018, Valentino Telaubun kini berpeluang untuk diturunkan pelatih Stefano Cugurra saat melawat ke markas PSIS Semarang Jumat (20/4).

Pasalnya Rezaldi Hehanusa yang sering mengisi posisi bek kiri harus absen karena akumulasi kartu kuning. Tentunya ini kesempatan emas bagi mantan pemain Barito Putera ini untuk mengisi posisi starting XI.

Maka dari itu ia tidak ingin membuang kesempatan ini dengan memberikan kemampuan maksimal jika nantinya dirinya dipasang oleh Teco pada laga yang akan berlangsung Stadion Agung Bantul.

“Saya pikir sebagai pemain normal saja. Akan tetapi dengan absennya Bule jika saya diberi kesempatan saya ingin menggantikan posisi Bule dengan baik. Tidak hanya itu saya harap hasilnya juga baik untuk Persija,” ujarnya.

Tidak hanya itu kesempatan bisa bermain di Bantul membuat motivasinya juga berlipat. Bek kelahiran 21 November 1984 ini juga berharap bisa menjaga kepercayaan pelatih dan menunjukan dengan penampilan terbaik.

“Tidak ada target jika nantinya diturunkan. Saya pikir disini bekerja profesional dimana harus memberikan yang lebih baik dibandingkan kesempatan awal yang diberikan oleh coach Teco. Saya juga ingin bermain sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan,” tambahnya.

Bruno Memang Tengah On Fire, Teco Juga Ingatkan Waspadai Pemain lain PSIS

Liga 1 2018

Jakarta – Tuan rumah PSIS Semarang, bakal ditantang oleh Persija Jakarta dalam laga pekan kelima Gojek Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Jumat (20/4). Memang ada satu pemain yang diwaspadai oleh pelatih Stefano Cugurra, yakni Bruno Silva.

Striker asing PSIS tersebut baru saja menunjukkan kelasnya dengan mencetak hattrick ke gawang PSMS Medan dan membawa timnya unggul 4-1, pada pekan keempat Liga 1.

“Terakhir main bagus ya saat lawan PSMS lalu bisa cetak banyak gol kita harus punya konsentrasi di lini belakang. Apalagi Bruno cetak hattrick,”ujar Teco.

Namun pelatih yang akrab disapa Teco ini juga mewaspadai seluruh pemain yang dimiliki Mahesa Jenar. “Kita tidak boleh terpaku dengan Bruno saja. Mereka juga memiliki pemain lain yang juga bagus. Kami harus konsentrasi saat bertahan,” tambahnya.

Bahkan eks Siam Navy ini mengintruksikan saat para pemain PSIS pegang bola, para pemain Persija sudah harus disiplin. Bahkan sejak dari lini depan.

“Kita jangan bertahan dari belakang saja, saat bola dipegang oleh tim lawan Marko Simic yang didepan. Saya akan intruksikan juga mulai mempressing mereka,” tutupnya.

Misi Dulang Poin Maksimal

Liga 1 2018

Jakarta -Di kandang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Persija selalu mendulang poin penuh ketika bertindak sebagai tuan rumah. Baik itu di Liga1 maupun di kompetisi AFC Cup. Nah, ketika melakoni away, Persija sedikit tersendat.Dari dua laga away, Ismed cs hanya mendulang satu poin.

Nah, pekan ke-5 menjadi tantangan bagi skuad Stefano Cugurra atau yang karib disapa Teco. Mengingat, sebagai tim debutan, PSIS tentunya tidak sematang tim-tim Liga 1 yang sebelumnya sudah berkompetisi di level atas. Tapi perlu diingat, alumni Liga2 juga bisa membuat lini belakang Macan Kemayoran repot.

Seperti ketika bertandang ke stadion Teladan, Medan. Persija bahkan dipaksa menyerah, 1-3. Meski laga itu tidak bisa menjadi tolok ukur, namun kewaspadaan dan kehat-hatian patut dikedepankan. Jangan sampai menghadapi tim Maheja Jenar, Persija tidak bisa menunjukkan cakarnya.

Apalagi, PSIS saat ini tengah jumawa dan dalam konfidensi yang tinggi usai mengalahkan sesama jebolan tim Liga 2 PSMS Medan dengan skor telak 4-1. Lengah sedikit saja bisa fatal akibatnya dan siap-siap pulang dengan tangan hampa dan muram durja.  Coach Teco sadar betul bahwa calon lawan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Apalagi mereka kini mulai nyaman bermain di kompetisi elit. Menjaga gengsi dan bakal menunjukkan permainan terbaik tentu menjadi angan-angan mereka di hadapan Panser Biru. So, bagi Persija ini juga harus menjadi tantangan tersendiri.

Konsentrasi dan extra kerja keras masih menjadi cara jitu untuk menuai hasil di kandang lawan. Tanpa itu, angan-angan mendulang poin maksimal di laga away hanya akan menjadi angan-angan semu belaka. So, Persija, tunjukkan cakarmu agar The Jakmania selalu bersemangat melihatmu. (*)

Catatan: Eko Yudiono

Media Officer Persija