FAKTA PERSIJA: OYONG LIZA, KAPTEN PERSIJA YANG BERGELIMANG JUARA

Dari sekian banyak kapten yang pernah memperkuat Persija, sejarah mencatat satu nama yang paling banyak meraih gelar juara Liga Indonesia yaitu Oyong Liza. Bersama Persija, Oyong Liza merengkuh gelar juara Perserikatan 1973, 1975, dan 1979, di mana ia menjadi kapten saat itu.

Kisah pemain kelahiran Padang, Sumatera Barat, 10 November 1946, bermula kala kesuksesannya bersama Persija menjuarai Piala Soeratin 1972, yang saat itu jadi ajang besar nasional. Namun, saat itu dirinya belum menjadi kapten.

Gelar pertama terjadi tahun 1973, kala Persija sukses meraih juara kompetisi Perserikatan musim tersebut. Persija tampil digdaya, lawan-lawan utama Persija seperti PSMS Medan dan PSM Makassar berhasil dikalahkan dan akhirnya Persebaya jadi lawan terakhir Macan Kemayoran yang menang dengan skor 1-0 saat final.

Lalu prestasi kedua didapatkannya pada musim 1975, saat itu mereka meraih gelar juara bersama dengan PSMS Medan. Gelar terakhir Oyong bersama Persija adalah juara Perserikatan 1979, setelah menaklukkan PSMS dengan skor 1-0 di Stadion Utama, Senayan, bersama pelatih Marek Janota.

Selain tiga kali meraih gelar perserikatan, Oyong juga sukses membawa Persija meraih gelar Marahalim Cup di Medan Sumatera Utara pada 1977. Saat itu Persija sukses menaklukkan Timnas Jepang dengan skor 1-0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *