FAKTA PERSIJA: REKOR APIK MACAN KEMAYORAN SAAT BERTANDANG KE STADION MANDALA JAYAPURA

 

Persipura dikenal jago kandang, sulit mengalahkan Tim Mutiara Hitam di Stadion Mandala, Jayapura. Tidak banyak klub di Liga Indonesia mampu mengalahkan Boaz Salossa dkk. saat bermain di kandangnya.

Bahkan banyak yang menilai hasil imbang yang diraih sebuah tim kala bermain di Stadion Mandala dianggap sebagai sebuah kemenangan. Menariknya justru Persija Jakarta jadi salah satu klub yang sudah beberapa kali meraih hasil bagus di Stadion Mandala.

Sejak era ISL hingga Liga 1, Macan Kemayoran sukses mendapatkan hasil baik dengan meraih 1 kali hasil imbang dan 2 kali meraup kemenangan. Kemenangan pertama diraih oleh Macan Kemayoran pada ISL 2011-2012. Status juara bertahan kompetisi sang tuan rumah saat itu, membuat para pengamat meragukan Macan Kemayoran bakal bisa berbicara banyak di Jayapura pada laga kompetisi yang digelar 13 Mei 2012.

Kala itu Pelatih Persija, Iwan Setiawan, banyak mengandalkan pemain-pemain muda. Nama-nama beken yang ada di tim saat itu bisa dihitung dengan jari. Bambang Pamungkas, Ismed Sofyan, Leo Saputra, Rahmat Affandi, jadi pemain-pemain berpengalaman sebagai motor tim belia Persija saat itu. Jika dibandingkan dengan Persipura yang dihuni pemain-pemain yang tengah berada di top level, seperti Boaz Solossa, Alberto Goncalves, Zah Rahan, Ian Kabes, hingga Imanuel Wanggai, Persija bisa dibilang kalah kelas.

Namun Macan Kemayoran justru berhasil mengejutkan tuan rumah, setelah berhasil mencuri gol di menit ke-35 dari kaki Rahmat Affandi. Gol tunggal lahir dari sektor tengah Persija, melalui satu skema serangan balik cepat yang membuat penjaga gawang Persipura, Yoo Jae-hoon memungut bola dari dalam gawangnya. Skor 1-0 jadi laga yang dimenangkan oleh Persija.

Hasil positif juga didapat Persija Jakarta pada laga pembuka TSC 2016. Datang ke Stadion Mandala, Jayapura, dengan mayoritas pemain muda minim pengalaman, tim asuhan Paulo Camargo mendulang hasil draw 1-1. Persija bahkan sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Sutanto Tan, sebelum akhirnya disamakan oleh James Koko Lomell, lewat eksekusi penalti.

Lalu, kali terakhir saat Persija bisa berhasil meraih kemenangan pada Liga 1 2018 di Stadion Mandala, Jayapura. Persija sukses menang 2-1 dengan Riko Simanjuntak dan Marko Simic menjadi pencetak gol yang memenangkan Macan Kemayoran atas Tim Mutiara Hitam saat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *