PESAN ANDRITANY UNTUK KIPER MUDA PERSIJA

Kapten Persija, Andritany Ardhiyasa menjadi mentor untuk para juniornya dalam program “Become A Pro. Dalam sesi diskusi virtual yang diinisiasi manajemen Persija ini, kiper bernomor punggung 26 itu memiliki beberapa pesan untuk para penerusnya.

Bagi Andritany yang utama adalah menjadi seorang penjaga gawang selain memiliki kualitas yang bagus, juga harus menguasai teknik komunikasi dan koordinasi dengan para pemain lain. Menurutunya kedekatan antar kiper dengan bek harus dikedepankan di dalam dan luar lapangan.

“Menjadi kiper kita harus memiliki teknik komunikasi yang baik. Saya saat mengawali karier di Persija bekerjasama dengan bek senior seperti Ismed Sofyan, Precious, Fabiano dan Leo Saputra. Meski begitu saya tidak sungkan untuk berkomunikasi dengan mereka. Intinya juga harus ada kedekatan di luar lapangan,” ucap Andritany.

Andritany juga menambahkan, sebagai penjaga gawang harus dapat menghilangkan rasa gugup. Terlebih saat ini menjadi kiper tidak hanya bertugas menghindari gawang dari kebobolan, melainkan juga memulai sebuah serangan tim. Hal ini membuat ketenangan sangat dibutuhkan.

“Saat ini seorang kiper dituntut membantu tim dalam menyerang, seperti memberi umpan matang ke bek, gelandang atau bahkan penyerang. Kita harus memiliki ketenangan dan dapat mengusir rasa gugup,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP P