ROMBONGAN PERSIJA DEVELOPMENT TUNTASKAN PROGRAM DI ALAVES

ALAVES-Rombongan Persija Development yang menimba ilmu di akademi klub La Liga, Deportivo Alaves akhirnya menyelesaikan program tersebut pada Senin (9/3). Rencananya mereka akan bertolak ke Jakarta pada malam harinya waktu Spanyol.

Sebelumnya ada lima perwakilan yang akan diberangkatkan, mereka adalah Muhammad Uchida (Persija Jakarta U-18), Resha ADitya (Persija Jakarta U-16) dan tiga pelatih, Ismed Sofyan, Ilham Ralibi, dan Ferdiansyah.

Mereka menimba ilmu di Alaves dalam kerja sama hal perkembangan pemain dan pendidikan pelatih selama satu bulan lebih. Ini merupakan bagian dari kerja sama berdurasi setahun kedua klub di bidang pengembangan pesepak bola muda serta pelatih belia.

Salah satu pelatih, Ferdiansyah membawa buah tangan berharga dari Spanyol usai menjalani program tersebut. Dia mengaku terkejut dengan tata kelola klub di Spanyol, terutama Deportivo Alaves. Ia berharap bisa menerapkan ilmu yang didapat selama berada di Spanyol.

“Terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Mereka (Alaves) bukanlah tim bergelimang uang, tapi pembinaan usia dini sungguh luar biasa. Alaves di Eropa termasuk tim kecil dengan metodologi yang bagus. Kita semua harus banyak belajar dari sana,” ungkap Ferdi.

Lebih lanjut, Ferdi menambahkan salah satu ilmu yang didapat adalah pentingnya persiapan bahkan sejak sebelum latihan dimulai. Alaves dinilainya sangat disiplin dari hal persiapan sebelum latihan hingga latihan dimulai.

“Paling tidak kita bisa memilah hal apa saja yang bisa kita terapkan di Persija. Paling tidak soal kedisiplinan dan profesionalisme semua pemain. Ini tentunya sangat baik untuk pemain muda untuk disiplin sejak dini,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP P