SEJARAH HARI INI: PERSIJA JAKARTA 1-0 SRIWIJAYA FC (2010)

Hari ini, tepat 11 tahun yang lalu, gol tunggal Firman Utina bawa Persija Jakarta memenangkan laga melawan Sriwijaya FC, dalam lanjutan Liga Super Indonesia 2009/2010, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Sejak babak pertama dimulai, tim asuhan Benny Dollo ini langsung menekan habis pertahanan tim tamu yang dikawal oleh Charis Yulianto. Lewat kombinasi Bambang Pamungkas, Aliyudin, dan Firman Utina, Persija hampir saja membuka keunggulan pada menit ke-5. Sayang, tendangan Firman masih melenceng tipis dari gawang yang dijaga oleh Hendro Kartiko.

Tim tamu bukan tanpa serangan, serangan melalui Keith Kayamba dan Zah Rahan juga kerap kali merepotkan pertahanan Persija. Bahkan sebuah tendangan bebas dari luar kotak penalti di menit ke-26 yang dieksekusi oleh Kayamba masih melambung di atas mistar gawang M. Yasir.

Gol yang dinantikan publik tuan rumah pun hadir di menit ke-34 lewat kaki Firman Utina. Berawal dari penetrasi seorang Aliyudin di sisi kiri, yang kemudian mengirimkan umpan ke depan gawang Sriwijaya. Bola umpan silang tersebut sebenarnya berhasil diamankan lewat sundulan bek Sriwijaya, sayang arahnya tepat jatuh di kaki Firman Utina yang langsung melakukan tendangan first time ke arah gawang. Kerasnya laju bola tak mampu dihalau Hendro dan menghujam deras masuk ke gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Macan Kemayoran.

Pada babak kedua, permainan kedua tim cenderung lebih terbuka dan cepat. Pada menit ke-60 Bambang Pamungkas mendapat peluang matang, sayang tembakannya berhasil ditahan Hendro Kartiko. Dua menit berselang, giliran Sriwijaya yang mendapat peluang. Bermula dari eksekusi tendangan bebas, bek Sriwijaya, Precious Emuejeraye menyundul bola ke arah gawang, namun dengan sigap M. Yasir masih bisa menghalau peluang tersebut.

Jelang pertandingan berakhir, tembakan keras Rully Soputan masih menerpa mistar gawang lawan. Peluang tersebut jadi kesempatan terakhir yang didapat tim tuan rumah. Hingga wasit meniup peluit panjang, kedudukan tetap tak berubah 1-0 untuk Persija Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *